PENYAKIT JANTUNG


Serangan Jantung

= Myocardial infarction adalah terhenti nya aliran darah, meskipun hanya sesaat yang menuju ke jantung dan mengakibatkan sebagian sel/otot jantung (miokardium) menjadi mati, karena kekurangan oksigen.

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia menurut versi WHO tahun 2005.
Jumlah penderita penyakit ini terus bertambah, tidak lepas dari gaya hidup yang kurang sehat yang banyak dilakukan seiring dengan berubahnya pola hidup.

Pengenalan Jantung

Jantung adalah organ berupa otot berbentuk kerucut, berongga, dengan basisnya diatas dan puncaknya dibawah miring ke sebelah kiri. Berat jantung kira-kira 300 gram.Agar jantung berfungsi sebagai pemompa yang efisien, otot-otot jantung rongga atas dan rongga bawah harus berkontraksi secara bergantian.Laju denyut jantung ini dikendalikan secara alami oleh Pengatur Irama / nodus sinotrialis yang terletak di dalam dinding serambi kanan. Sebuah impuls listrik yang ditransmisikan dari nudus sinotrialis ke kedua serambi membuat keduanya berkontraksi secara serentak.Aruslistrik ini selanjutnya diteruskan ke dinding-dinding bilik, yang pada giliriannya membuat bilik-bilik berkontraksi secara serentak. Periode kontraksi ini disebu systole. Selanjutnya periode ini diikuti dengan sebuah periode relaksasi pendek kira-kira 0,4 detik yang disebut diastole. Nodus sinotrialis menghasilkan antara 60 hingga 72 impuls seperti ini setiap menit ketika jantung sedang santai. produksi impuls-impuls ini juga dikendalikan oleh suatu bagian sistem syaraf yang disebut sistem syaraf otonom yang bekerja diluar keinginan kita. Sistem listrik built-in inilah yang menghasilkan kontraksi-kontraksi otot jantung berirama yang disebut denyut jantung.

Faktor-faktor pemicu serangan jantung

adalah rokok, mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi & berjeroan, kurang gerak, malas berolah raga, stress, dan kurang istirahat.

Penyebab lain dari serangan jantung adalah;
  • Suatu bekuan dari bagian jantung itu sendiri.
  • Kejang pada arteri koroner yang menyebabkan terhentinya aliran darah, bisa karena obat mengandung kokain, rokok dan juga tidak diketahui.
Separuh kematian akibat serangan jantung terjadi dalam waktu 3-4 jam pertama setelah terjadi nya gejala.

Pengobatan awal
  • Aspirin yang harus dikunyah untuk mengurangi pembentukan bekuan darah didalam arteri koroner.
  • Beta blocker diberikan untuk memperlambat denyut jantung agar tidak bekerja terlalu berat.
  • Oksigen agar tekanan oksigen dalam darah meningkat dan kerusakan jantung dapat diperkecil.
  • Terapi trombolitik bisa menyebabkan perdarahan.
  • Angioplasti/ pembedahan bypass arteri koroner.
Apa penyebab dari penyakit Jantung Koroner?

Penyakit jantung koroner pada mulahnya disebabkan oleh penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh darah jantung (pembuluh koroner), dan hal ini lama kelamaan diikuti oleh berbagai proses seperti penimbunan jaringan ikat, perkapuran, pembekuan darah, dll. yang kesemuanya akan mempersempit atau menyumbat pembuluh darah tersebut. Hal ini akan mengakibatkan otot jantung di daerah tersebut mengalami kekurangan aliran darah dan dapat menimbulkan berbagai akibat yang cukup serius, dari Angina Pectoris (nyeri dada) sampai Infark jantung, yang dalam masyarakat di kenal dengan serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian mendadak..

Ada baiknya juga kita mempunyai Alat Pengukur Detak Jantung : Elektrocardiogram (ECG)

Usia harapan hidup pasien penyakit jantung masih bisa diprediksi dari Panjang Untaian DNA yang ditemukan diakhir kromosom / bisa disebut Telomere. Artinya makin panjang telomere nya, maka besar peluang pasien untuk hidup lebih lama. Telomere melindungi ujung kromosom dari kerusakan. Seiring dengan pertambahan usia, telomere yang dimiliki seseorang akan memencek hingga sel tersebut tidak lagi bisa membelah diri.

Kateterisasi Jantung - Arteriografi Koroner

Tindakan deteksi penyempitan pembuluh darah koroner untuk m,engetahui lebih dini adanya ancaman serangan jantung koroner.
Dengan semakin canggihnya peralatan Angiografi dan berkembanganya teknik-teknik baru, pada umumnya tindakan kateterisasi secara praktis dianggap tidak ada resiko.
Menurut data statistik dari ribuan pasien yang telah menjalankan kateterisasi menunjukkan bahwa angka keberhasilannya amat tinggi.

Apa yang dimaksud dengan tindakan "Peniupan" (PTCA-PCI) ?

Tindakan "peniupan" atau "balonisasi" atau "angioplasti" bertujuan untuk melebarkan penyempitan pembuluh koroner dengan menggunakan kateter khusus yang ujungnya mempunyai balon. Balon dimasukkan dan dikembangkan tepat ditempat penyempitan pembuluh darah jantung. Dengan demikian penyempitan tersebut menjadi terbuka.
Untuk menyempurnakan hasil peniupan ini, kadang-kadang diperlukan tindakan lain yang dilakukan dalam waktu yang sama, seperti pemasangan ring atau cincin penyanggah (stent), pengeboran kerak di dalam pembuluh darah (rotablation) atau pengerokan kerak pembuluh darah (directional atherectomy).

Ada 9 gangguan Jantung

Penyakit jantung banyak sekali macamnya. Para penderita juga seringkali terkena lebih dari satu gangguan (komplikasi).Berikut adalah beberapa jenis penyakit jantung yang perlu diketahui:
  1. Aterosklerosis adalah penebalan dinding arteri sebelah dalam karena endapan plak. Bila terjadi pada dinding arteri jantung disebut penyakit jantung koroner / iskemik.
  2. Infark miokard akut adalah kematian otot jantung karena penyumbatan pada arteri koroner.
  3. Kardiomiopati adaah kerusakan/ gangguan otot jantung sehingga menyebabkan dinding-dinding jantung tidak bergerak sempurna dalam menyedot dan memompa darah.
  4. Arritmia berarti irama jantung tidak normal yang bisa disebabkan oleh gangguan rangsang  dan penghantaran rangsang jantung ringan maupun berat.
  5. Gagal jantung kongestif adalah ketidak mampuan jantung untuk memompa darah secara efektif ke seluruh tubuh. Dikatakan tidak memompa sekuat yang seharusnya. Sebagai dampaknya, darah bisa berbalik ke paru-paru dan bagian tubuh lainnya.
  6. Fibrilasi Atrial adalah gangguan ritme listrik jantung yang mengganggu atrial. Gangguan impuls listrik ini menyebabkan kontraksi otot jantung tidak beraturan dan memompa darah secara tidak efisien.Akibatnya atrium jantung tidak sepenuhnya mengosongkan darah menuju ke serambi.Keracunan alkohol juga bisa penyebabnya.
  7. Inflamasi jantung dapat terjadi pada dinding jantung (miokarditis), selaput yang menyelimuti jantung (perikarditis) atau bagian dalam (endokarditis). Dapat disebabkan oleh racun maupun infeksi.
  8. Penyakit jantung rematik adalah kerusakan pada katup jantung karena demam rematik, yang disebabkan oleh bakteri streptokokus
  9. Kelainnan katup jantung . Katup jantung berfungsi mengendalikan arah aliran darah dalam jantung.Kelainan katup dapat mengganggu aliran tersebut, antara lain karena pengecilan (stenosis), kebocoran (regurgiasi) atau tidak menutup sempurna (protopsis). Bisa karena bawaan lahir, karena infeksi atau pun karena efek samping pengobatan.
Istilah terserang Angin Duduk
Sering kita mendengar istilah dimasyarakat seseorang meninggal diusia muda & mendadak dalam kurun waktu yang relatif singkat 15 menit sampai 30 menit setelah dilakukan tindakan yang salah dengan mengerok ataupun memberi minum air panas.
Istilah keren yang dikenal dimasyarakat itu sebenarnya adalah Sindrom Serangan Jantung Koroner Akut (SSJKA). Harus dibedakan keluhan nyeri pada Sindrom Serangan Jantung Koroner Akut (SSJKA) dengan Serangan Jantung Koroner (SJK).
Pada SJK, angina terjadi akibat sumbatan total pembuluh darah jantung karena aktivitas fisik yang berlebihan, sementara pada SSJKA angina terjadi akibat sumbatan tidak total yang dirasakan saat istirahat.
Munculnya keluhan nyeri ditengah dada pada SSJKA seperti :
  • rasa ditekan
  • rasa di remas-remas, menjalar ke leher, lengan kiri & kanan, serta ulu hati.
  • rasa terbakar dengan sesak napas & keringat dingin.
Keluhan nyeri bisa merambat ke kedua rahang gigi kanan & kiri, bahu, serta pinggang, lebih spesifik ada juga yang disertai kembung pada uluh hati seperti masuk angin/ maag.
Sumber masalah sesungguhnya hanya terletak pada penyempitan pembuluh darah jantung (vasokonstriksi).
Rekomentasi biar terhindar dari sakit jantung ;

Perbanyak makan bawang putih /Garlic, Jahe, kunyit.minum air kelapa hijau, daun belimbing,tempe segar. (tempe mentah ini untuk menguatkan pembuluh darah tidak gampang pecah).
Berita gembira mengabarkan ada yang sembuh total dari penyakit jantung koroner dengan mengkonsumsi Noni /mengkudu/ pace setiap hari.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar