ASAM URAT (URIC ACID URATE)

Rumus kimia : C5H4N4O3

Penyakit Asam Urat merupakan akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat (kristal monosodium urat) menjadi tendon yang dapat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak, meradang, panas dan kaku. Penyakit asam urat disebut juga arthritis gout (gouty arthritis)

Asam Urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin ini.

Dalam darah kita, misalnya asam urat berfungsi sebagai antioksidan dan membantu mencegah kerusakan pada lapisan pembuluh darah kita, sehingga pasokan terus menerus asam urat adalah penting untuk melindungi pembuluh darah kita dalam kondisi asam urat normal dibawah 7, berkisar pada kadar normal asam urat adalah 2,6 - 6 mg/dl  untuk wanita dan 3,5 - 7mg/dl untuk pria.
Kadar asam urat dalam darah berfluktuasi sepanjang hari tergantung dari makanan dan aktifitas fisik.

Penyakit Asam Urat adalah jenis artritis yang sangat menyakitkan.
Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Sebagian kecil lainnya karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan. Penyakit asam urat kebanyakan diderita oleh pria diatas 40 tahun dan wanita yang telah menopause. Penderita asam urat biasanya juga memiliki keluhan lain seperti tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, diabetes dan asteroklorosis. Separuh dari penderita asam urat adalah orang yang kegemukan. Bila dibiarkan, penyakit asam urat bisa berkembang menjadi batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal.
Ginjal tidak mampu membuang kelebihan asam urat, banyaknya kristal asam urat yang berlebih menumpuk dipersendian.

Ada dua jenis gejala asam urat, yaitu gejala Akut dan gejala Kronis. Gejala akut datang tiba-tiba dan terjadi untuk jangka waktu yang singkat, sedang gejala kronis adalah hasil dari serangan asam urat berulang dalam jangka waktu lama.
Kelebihan kadar asam urat dalam darah disebut hiperurisemia. Jika hiperurisemia berlangsung lama (kronis), endapan di dalam urat akan membentuk tonjolan dibawah kulit di daerah urat disebut Tophus/ Tophi.
Keluhan sakit/nyeri lutut akibat asam urat cendrung bersifat menetap. Artinya walaupun sendi yang terlibat kita istirahatkan/ diamkan, sakitnya cendrung tidak menghilang. Terutama selama kadar asam uratnya masih tinggi. Tapi kalau pengapuran(asteoartritis) dibawah istirahat akan hilang. Dibandingkan dengan sakit lutut karena pengapuran, sakit lutut karena asam urat umumnya lebih cepat mereda/hilang jika diobati dengan pereda sakit.

Gejala Asam Urat Akut
Rasa nyeri atau sakit yang luar biasa, kemerahan, dan bengkak adalah gejala utama dari serangan asam urat, dan gejala ini sering datang pada malam hari dan membangunkan penderita dari tidur. Bahkan sentuhan ringan dapat menyiksa, biasanya daerah persendian akan sulit untuk bergerak atau menekuk. Gejala ini biasanya terjadi hanya dalam satu sendi pada satu waktu, paling sering di jempol kaki, sendi tangan, lutut, pergelangan tangan dan pergelangan kaki. Namun gejala juga bisa terjadi di beberapa daerah persendian dalam satu waktu. Gejala datang tiba-tiba dan yang paling parah selama 12 sampai 24 jam, dan gejala ini mungkin akan berlangsung selama 10 hari.

Gejala Asam Urat Kronik
Rasa nyeri atau sakit dan peradangan yang terkait dengan serangan asam urat biasanya hilang sepenuhnya dalam beberapa hari setelah serangan. Namun, serangan berulang asam urat akut dapat menyebabkan kerusakan yang lebih permanen.

Pantangan penderita Asam Urat
Ingat bahwa masing-masing orang memiliki sensitivitas yang berbeda terhadap makanan. Makanan yang sangat cepat menimbulkan serangan asam urat pada satu orang belum tentu menimbulkan efek yang sama pada yang lainnya.
  • jeroan (purin tinggi): ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak
  • seafood : udang, cumi-cumi,sotong, kerang, tiram, kepiting, ikan teri dan sarden
  • ekstak daging seperti abon dan dendeng
  • makanan yang dikalengkan : cornet sapi dan sarden
  • daging kambing,daging sapi dan daging kuda
  • bebek, angsa dan kalkun
  • kacang-kacangan : kacang kedelai termasuk olahan,kacang tanah, melinjo,emping
  • sayuran : kembang kol,bayam,daun singkong, jamur kuping,buncis,kangkung, d.pepaya
  • keju, telur, krim, es krim, kaldu/kuah daging yang kental
  • buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa
  • makanan yang digoreng/bersantan/ dimasak dengan menggunakan mentega
  • alkohol
  • makanan kadar gula tinggi


Anjuran/ Tip Tambahan
  • Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang
  • Makan daun salam+bawang bombai atau rebus kedua nya & minum airnya.
  • Konsumsi buah yang banyak mengandung vit.C seperti jeruk, pepaya, dan stroberi
  • Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat : buah naga, belimbing uluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai,tomat. daun kumis kucing,daun sirsak,mahkota dewa,buah mengkudu,wortel
  • Perbanyak konsumsi karbonhidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi.
  • Kurangi konsumsi karbonhidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirup
  • Jangan minum aspirin.
  • Jangan bekerja terlalu keras / kelelahan
  • Pada orang yang kegemukan/ obesitas, biasanya kadar asam urat cepat naik, maka sebaiknya turunkan berat badan dengan olahraga yang cukup.
  • Perbanyak minum air putih, terutama bagi yang mengidap batu ginjal untuk mengeluarkan kristal asam urat di tubuh.
  • Aktif secara seksual ( seks ternyata memperlancar produksi urin sehingga menurunkan kadar asam urat  dan juga bagus untuk prostat)
  • Melakukan therapy sengatan lebah sangat manjur bagi penderita asam urat.
  • Minum air yang cukup, & hindari minum alkohol
  • Olah raga teratur


Kandungan purin dalam bahan makanan
  1. Kandungan Purin Tinggi (100 - 1000mg/100g) sebaiknya di hindari : otak, hati, jantung, ginjal, jeroan, ekstrak daging/kaldu, daging bebek, ikan sarden, makarel, kerang.
  2. Kandungan Purin Sedang (9 - 100mg/100g) konsumsi dibatasi : daging sapi & ikan, ayam, udang, tahu, tempe, asparagus, bayam, daun singkong,kangkung,daun & biji melinjo
  3. Kandungan Purin Rendah , boleh dikonsumsi setiap hari : nasi, ubi, singkong, jagung, roti, bihun, cake, puding, susu, keju, telur, sayuran dan buah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar