BERMACAM-MACAM JENIS GATAL PADA KULIT

Gatal Kulit Berjamur

Bagian selangkangan adalah bagian yang mudah berkeringat dan lembab. Gatal di selangkangan merupakan salah satu indikasi bahwa area di dekat kemaluan tersebut terinfeksi oleh jamur.Hal ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan kulit menjadi merah-merah atau luka.
Mengalami gatal-gatal di bagian selangkangan dapat menjadi masalah tersendiri bagi siapa saja karena infeksi jamur bisa menyerang pria dan wanita.
Hal ini tentu akan sangat mengesalkan jika anda sedang menghadiri sebuah acara resmi dan tiba-tiba selangkangan anda terasa gatal karena pasti akan terlihat tidak sopan sekali jika menggaruk bagian tersebut.

Cara Mengatasi Jamur di Daerah Selangkangan :
  1. Saleb Anti Jamur; melalui resep dokter atau dapat dengan mudah dibeli di apotek. Jika memilih salep anti jamur, pilihlah yang memiliki kandungan fungasol, mizonazole dan ketoconazole. Oleskan salep pada bagian selangkangan yang gatal sesuai dengan petunjuk penggunaan.
  2. Obat Anti Gatal : Jika tidak suka obat yang dioles & menginginkan penyembuhan dari dalam, anda dapat memilih cetirizine HCL, 10mg. Obat ini diminum seminggu sekali sampai tidak merasa gatal lagi.
  3. Obat Tradisional : Bagi yang menyukai cara alami dapat menggunakan asam gelugur dan asam kandis.Pilih asam yang masih berwarna coklat bukan yang hitam. Siapkan tepung kanji dan masukkan asam ke dalam tepung kanji. Setelah rata ,balurkan campuran tersebut di bagian yang gatal.
  4. Jangan Menggaruk Selangkangan : Karena dengan menggaruk selangkangan yang gatal justru akan memperparah keadaan ,karena jamur dan bakteri jadi lebih mudah menyebar dan menginfeksi bagian lain, sehingga bagian yang gatalpun akan menjadi semakin lebar.
  5. Pilih Celana Dalam yang agak Longgar : Selama proses penyembuhan pilih celana dalam yang tidak terlalu ketat. Hal ini mengurangi kelembaban di selangkangan, sehingga jamur tidak menyebar lagi.
  6. Mandi dengan Sabun Anti septik :Saat ini banyak produk sabun mandi yang di lengkapi dengan antiseptik (kalau dapat yang batangan), sehingga membuat jamur di selangkangan tidak tumbuh lagi dan mati.
  7. Ganti Celana Dalam sesering mungkin : Sebaiknya anda segera mengganti pakaian dalam ketika anda mulai merasa kurang nyaman. Mengganti pakaian dalam dianjurkan minimal 2 kali sehari. Selain itu pilihlah celana dalam yang berbahan katun, sehingga dapat menyerap keringat di selangkangan.

Gatal Karena Alergi

Kalau gatal karena ini saya sarankan anda harus bersabar dengan berpuasa untuk tidak memakan yang memicu anda menjadi gatal. Misal alergi : asin, udang, ayam, telur, cumi dan makanan sea food lainnya sebaiknya anda hindari. Selama 6 bulan, banyak minum kelapa muda, agar toxin penyebab gatal yang terakumulasi di dalam tubuh berkurang. Minta saran pada dokter juga agar lebih efektif. Kalau alergi dingin/ biduran biasanya minum kalsium.

Beberapa nutrisi yang dapat membantu mengatasi alergi :
  • Vitamin C, mempunyai manfaat antihistamin alami.
  • Bromelain (enzim dari nanas), efektif mengurangi peradangan dan membantu mengatasi antigen yang memasukin tubuh.
  • Suplemen enzim pencernaan, efektif untuk alergi makanan dengan meningkatkan pencernaan dan mengurangi pemicu alergi, protein(antigen) dalam makanan yang tidak dicerna sempurna.
  • Konsumsi Quercetin (Biofavonoid) secara teratur. Menguatkan sel membran dari sel mast sehingga sel mast menjadi kurang reaktif terhadap antigen dan menurunkan kemampuan nya untuk melepaskan histamin.
  • Lactobacilius Acidophilus.
  • CoQ10 para penderita alergi berat umumnya mempunyai kadar CoQ10 yang rendah dalam darahnya.
  • Reishi, Mushroom, Wheat grass, Cat's claw, Ginkgo Biloba, Flax sees oil.
  • Spirulina yang lengkap kandungan vit.B nya & juga Jelly Gamat/Gold G/Teripang Laut

Penyebab Alergi:
Alergen adalah penyebab alergi yang masuk ke dalam tubuh dapat dengan cara menghirup, menelan, atau kontak dengan kulit.Sistem kekebalan tubuh orang alergi menganggap bahwa alergen yang masuk dalam zat berbahaya dan akan mengganggu tubuh, sehingga antibody (IgE) akan dihasilkan untuk mengikat alergen tersebut dan melekat dengan sel mast. Sel mast akan melepaskan berbagai bahan kimia ke dalam darah termasuk histamin & serotonin. Histamin inilah yang akan menimbulkan reaksi imunitas seperti kemerahan, gatal-gatal, pilek, bersin.
Alergi juga dapat disebabkan oleh Eosinofil (sel khusus dari sistem kekebalan tubuh) ketika mereka melepaskan hidrogen peroksidase di area alergi dalam upaya untuk menghancurkan antigen. Pada orang yang menderita alergen biasanya memiliki jumlah eosinifil yang tinggi. Reaksi alergen yang timbul dapat berupa keluhan yang ringan hingga berat.
Reaksi yang paling berat disebut anaflaksis, dimana alergen menyebabkan reaksi alergi di seluruh tubuh yang dapat mencakup :

  • gatal yang hebat di seluruh tubuh.
  • sesak napas
  • suara serak atau sesak di tenggorokan
  • kesemutan di tangan, kaki, bibir,atau kulit kepala. Reaksi anaflaksi dapat mengancam jiwa sehingga memerlukan pertolongan medis sesegera mungkin.
Setiap anak memiliki resiko menginap alergi meskipun tidak ada riwayat penyakit ini dalam keluarga. Bila salah satu orang tua menderita alergi, maka anak mereka juga memiiki resiko terjadinya alergi, meskipun alergen penyebabnya tidak selalu sama dengan orang tuanya. Resiko menderita alergi semakin besar bila kedua orang tuanya memiliki riwayat penyakit alergi, tetapi tidak semua anak memiliki resiko yang sama, bisa satu anak yang alergi, sedangkan yang lain tidak mengalaminya.

Ada bermacam-macam cara menghilangkan gatal secara tradisonal :

  • Kunyit, temulawak, sambiloto direbus dan diminum air nya
  • Daun sidaguri di lumat & di campur dengan minyak kelapa untuk dipoles pada yg gatal
  • Daun sirih & kulit buah manggis direbus & digunakan untuk mencuci kulit gatal.
  • Tumbuhan leuncha dihaluskan, kemudian dipoleskan pada yang gatal.
  • Daun ketapang, dihaluskan & dipoleskan pada yang gatal.
  • Daun mahkota dewa direbus & diminum airnya
  • Daun kamboja direbus & diminum airnya
  • Daun salam direbus & diminum airnya.
  • Daun pucuk mangga yang masih mudah bisa dimakan segar
  • Air rendaman daun kitolot/melati katarak di gosokkan ke kulit
  • Lendir tumbuhan lidah buaya di poleskan di kulit yang gatal.
  • Batang brotowali direbus dan minum air nya

Penyebab Gatal pada kulit (Pruritus Uremik) 
Disebabkan oleh berbagai hal baik dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh & sebenarnya lebih cocok disebut sebagai gejala dari suatu penyakit, antara lain sebagai berikut :
  1. Infestasi Parasit Scabies Pediculosis. Gatal disebabkan oleh parasit & menyebabkan rasa gatal khususnya pada malam hari. Penyakit kulit ini bisa menular kepada satu sama lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Faktor higiene & berganti pasangan seksual menentukan timbul tidaknya penyakit ini.
  2. Kaligata/Biduan & bahasa medisnya Urtikaria.Penyakit ini timbul karena adanya reaksi berlebihan terhadap kondisi luar yang kurang baik seperti debu,udara,makanan & minuman,angin dsb.ditambah kondisi fisik memang tidak baik.Pengobatannya dg.minum kalsium / rimpang lengkuas.
  3. Dermatitis, merupakan alergi kulit yang dapat di bagi 3: Atopik (alergi berupa serpih&lepuhan merah), Kontak(reaksi kontak kulit terjadi pada tangan,kaki,kelopak mata & leher), Alergika (rasa gatal disebabkan reaksi terhadap benda2 tertentu).
  4. Gigitan serangga seperti nyamuk,semut,lebah, dan lain-lain
  5. Biang keringat juga dapat menyebabkan gatal.
  6. Tidak stabilnya hormon di tubuh,karena minum pik KB atau sewaktu hamil.
  7. Produk Kebersihan yang mengandung zak kimia yang membuat alergi kulit. Seperti sabun cair/detergen,pewangi pakaian,pelicin setrikaan, dan sebagainya.
  8. Produk wewangian tubuh,deodoran,  dan sebagainya.
  9. Sabun membersihkan kulit dan kotoran, tapi mengurangi kadar minyak pada kulit. Sabun antibakteri sebaiknya dihindari karena mengandung triclosen yang bisa buat kulit memerah bahkan iritasi.
  10. Kulit kering, sel kulit terpisah sehingga pengalang antara kulit & lingkungan lemah, akibatnya tubuh merasa gatal.
  11. Kulit terbakar matahari, tubuh bereaksi melepaskan molekul radang yang menyebabkan kulit makin memerah & gatal.
  12. Psoriasis, dimana bagian tertentu tubuh seperti lutut,siku,punggung, kulit kepala pertumbuhan kulitnya lebih cepat dari biasa ditampung tubuh, sehingga menebal dan disertai rasa gatal.
  13. Ketombe, disebabkan oleh jamur/ minyak berlebih membuat kulit kemerahan & rasa gatal yang luar biasa.
  14. Infeksi gigi berlubang ataupun kista pada gigi dapat menyebabkan virusnya terkontaminasi di peredaran darah yang juga dapat menyebabkan gatal-gatal di seluruh tubuh.
  15. Gejala terkena diabetes juga dapat menimbulkan gatal-gatal di tubuh.
  16. Terkena penyakit cacing ataupun ambeien juga menyebabkan gatal-gatal di anus.
  17. Gatal juga merupakan salah satu indikasi dari penyakit liver/hepatitis. Hal ini terjadi terutama karena efek peningkatan bilirubin dalam tubuh anda.
  18. Gatal yang disebabkan penyakit cacar atau juga herpes.
  19. Gatal juga pada penderita gagal Ginjal Kronis, tapi tidak pada gagal Ginjal Akut.
Tanda Gatal pada Luka
Dr.Lastri S.dari RSUD Arjawinangun, Cirebon menjelaskan, sebenarnya gatal pada luka merupakan bukti penyembuhan bagi kulit luka. Kalau kulit kita luka, bakal ada proses wound healing. Dalam prosesnya, yang menyebabkan gatal itu adalah histamine. 
Berawal dari fase inflamasi (peradangan), yakni fase pembekuan darah dan jaringan luka.  Histamine atau senyawa normal yang ada dalam tubuh muncul saat proses penyembuhan jaringan luka. Histamine menarik sel darah putih untuk penyembuhan, biasanya selama 2 hari.
Kemudian fase proliferasi, proses penyembuhan makin pesat. Serabut fibrin, jaringan ikat di tubuh produksi kembali. Lalu, pembuluh darah kembali terbentuk dan mulai mengalirkan kembali darah ditempat luka. Fase ini berlangsung selama 3-21 hari.
Nah di tahap proliferasi ini sewaktu pembentukan serabut fibrin dan pembentukan pembuluh darah, kulit kita bakal terasa gatal. Makanya kita pengen garuk.
Terakhir adalah fase remodeling. Fase ini merupakan pengembalian keadaan menjadi sehat. Proses pengembalian bisa berlangsung hingga 2 tahun. Pasalnya, perbaikan terjadi di semua struktur otot, kulit, hingga syaraf untuk kembali seperti sedia kala.
Apabila rasa gatal pada luka digaruk, proses penyembuhan bakal makin lama. Jaringan ikat, serabut fibrin dan pembuluh darah yang masih belum sempurna rusak akibat digaruk. Hal ini bisa diperparah dengan perilaku orang yang menggaruk luka dengan tangan kotor/ dihinggapi lalat/ kena debu jalanan. Alhasil, bekas luka menjadi infeksi dan muncul nanah dalam proses pengobatan tersebut.
Mengatasi rasa gatal di sekitar luka bisa dengan cara ditekan dibagian luka, namun jangan terlalu keras. Apabila tidak ingin mengambil resiko dalam proses penyembuhan, penderita bisa menggunakan krim anti gatal atau obat minum sesuai saran dari dokter.




41 komentar:

  1. infonya bermanfaat buat kita yang awam ini jempooolllll

    BalasHapus
  2. bermanfaat deh...................

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. sama-sama bro. Nonton film bioskop terbarunya kok ga biso bro?

      Hapus
  4. Hello mas mau tanyak, kemarin saya keluar ke daerah bekasi sehabis pulang saya di guyur hujan sampai rumah. Setelah itu saya mandi gak lama kemudian badan saya terasa gatal sampai bengkak dan sampai pagi nya masih gatel dan bengkak. Sebenar nya apa yg terjadi pada kulit saya..?
    Padahal saya tidak pernah ngalami sebelum nya dan tidak pernah alergi. Mohon di bantu mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi anda kena biduan Lius, karena kehujanan & sesudahnya mandi. Biduan/kaligata timbul karena kedinginan. Dg.ber+ nya usia, sakit penyakit yg tadinya tidak pernah timbul bisa saja timbul dlm.kondisi tumbuh yg.lagi lemah. Juga bisa periksa gigi dan kadar gula darah bisa penyebab gatal.

      Hapus
  5. maaf saya mau tnya,shabis saya minum teh dri tiensi badan saya jadi gatal2 shabis saya garuk timbul bintik2 kaya jerawat,apa ini sejenis alergi biasa/?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gatal timbul sebagai reaksi tubuh terhadap minuman teh yg.masuk. Seharusnya dpt.mengurangi gatal dg.lebih memperbanyak minum air putih. Diusahakan jangan menggaruk, karena menimbulkan bintik2 tersebut yg.bisa jadi berisi nanah. Cobalah gosok dg.obat tawon/air sirih/air kitolot/ cairan cellfood.

      Hapus
  6. Mau nanya pak dokter , saya mengalami gatal ,, yg mana gatal ini pertama bengkak kecil dan jika di garuk maka akan membesar bengkaknya ,, sampai terkadang di wajah saya , namun hanya berupa bengkak kecil di sekitar mata dan bibir , paling sering gatal ini saya rasakan pada pagi dan malam dok , apa jenis gatal yg saya alami dok ,, bagai mana cara mengatasinyaa , trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya menganjurkan untuk mengkonsumsi ace maxs bu di jamin sembuh karena terbuat dari bahan alami , sudah banyak yang sembuh gatl gatalnya dengan ace maxs. untuk selengkapnya ibu bisa kesini Obat Ace Maxs Resmi

      Hapus
    2. Sdr.Mitahur sepertinya anda terkena kaligata/biduan, bisa minum kalsium dosis tinggi atau rimpang lengkuas. Kalau belum sembuh juga bisa konsultasi ke dokter kulit terdekat. Smoga cepat sembuh.

      Hapus
  7. untuk gatal bisa di anjurkan dengan mengkonsumsi ace maxs , sudah banyak yang sembuh gatal gatal dengan obat alami ace maxs . untuk selengkapnya kami menjual obat ace maxs resmi , BARANG SAMPAI BARU BAYAR .. Obat Gatal Gatal dengan Ace Maxs

    BalasHapus
  8. Mas sy mw tanya..sy gatal2 udh hampir 2 bln gk sembuh,udh pake sabun ygbkandungan sulfurnya tinggi jg...gatal nya d area selakangan lutut sampe k jari kaki pokoknya dan area tangan jg mas...trus d tangan ada mata ikan mas...klo d garuk mpe berdarah merah ky lebam gt mas..klonsdikit berkeringat gatel bgtt...

    Tu knapa y mas?n solusinya gmna?
    Mhon pemaparannya mas..
    Brangkali sy gk bka blog ini bsa kirim k
    mulky.annazwa@gmail.com
    Trmksh mas sblmnya

    BalasHapus
  9. Mas sy mw tanya..sy gatal2 udh hampir 2 bln gk sembuh,udh pake sabun ygbkandungan sulfurnya tinggi jg...gatal nya d area selakangan lutut sampe k jari kaki pokoknya dan area tangan jg mas...trus d tangan ada mata ikan mas...klo d garuk mpe berdarah merah ky lebam gt mas..klonsdikit berkeringat gatel bgtt...

    Tu knapa y mas?n solusinya gmna?
    Mhon pemaparannya mas..
    Brangkali sy gk bka blog ini bsa kirim k
    mulky.annazwa@gmail.com
    Trmksh mas sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf my creat, baru sempat balas. Untuk sementara bagusnya anda hindari makanan yang manis2, Coba periksa kadar gula anda, juga rontgen gigi yg kemungkinan ada kista. Perbanyak minum air putih atau bisa sekali2 air kelapa hijau. Kalau belum sembuh juga ke dokter kulit terdekat. Semoga cepat sembuh

      Hapus
  10. mas ada kan obat gatal bernanah

    BalasHapus
  11. Makasih Infonya.. informasi tentang penyakit kulit dah pengobatan herbal yang dipaparkan sangat bermanfaat. terus berbagi dan semoga barokah..

    BalasHapus
  12. Kalo gatal2 yang awalnya bintik2 kecil disemua badan dan kalo digaruk seperti mengelupas kulitnya dan berubah warna kecolatan/kehitaman seperti sehabis cacar dan rasa gatal yg sangat hebat itu jenis gatal karna apa ya kak? Jamurkah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila neng devi barusan kena cacar air, bisa jadi lanjutannya herpes zoster/cacar ular, atau bisa jadi juga cuma alergi. Untuk memastikan nya lebih baik neng devi ke dokter specialis kulit & kelamin.

      Hapus
  13. Awalnya gatal di kaki sperti di gigit nyamuk atw kepinding saya garuk sdkit trus memerah melebarny sdkit dan selang bbrapa wktu muncul ditngan jg. Itu trjadi pas bngun tdur. Itu ap ya? Pngobatan cpatnya ap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penjelasannya amat kurang, coba gosok dulu dg,obat tawon. Kalo sp ga bisa periksakan ke dokter kulit & kelamin.

      Hapus
  14. Anda memiliki masalah kulit? bingung harus konsultasi dengan dokter? Silahkan konsultasi di Website dokterkulitdhelya.com

    Anda ingin tampil lebih cantik tanpa masalah di kulit wajah? kunjungi dokter kulit dhelya widasmara di Malang. Informasi buka website dokterkulithelya.com

    Ingin baca artikel seputar kecantikan kulit? atau tanya jawab seputar kesehatan? Buka dokterkulitdhelya.com

    BalasHapus
  15. Maaf mau tanya,.kalo gatal dr celana dlam yg terlalu ketat,apa obatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup pakai sabun anti septik yg batangan aja pak zaenal sudah dapat membunuh jamur yg tumbuh. Jadi sebaiknya hindari pakaian ketat yg menyembabkan selangkahan lembab & senang dijamurin.

      Hapus
  16. Anda ingin memiliki masalah kulit? bingung harus konsultasi dengan dokter?
    Anda ingin tampil lebih cantik tanpa masalah di kulit wajah?
    Ingin baca artikel seputar kecantikan kulit? atau tanya jawab seputar kesehatan?
    kunjungi dokter kulit dhelya widasmara di Malang.
    More Information : website dokterkulithelya.com

    BalasHapus
  17. Masukkan komentar Anda...klu gatal di garuk kluar airnya dn cepat merata gatalnya obatnya apa ya sobb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas agus, sepertinya anda hanya kekurangan vitamin B. Bisa sering makan ubi jalar dikukus & kalau bisa ubi yg ungu. Tapi kalau gatalnya banyak di hampir semua badan mendingan ke dokter kulit terdekat.

      Hapus
  18. Hi, aku punya penyakit gatal nich, awal dari penyakit gatal ini waktu saya hamil, gatal nya bertahap 5 sampai 7 hari dan bisa timbul lagi 3 minggu kedepannya,apa obat yang tepat ya? Udah pakai denomix dan sembuh sih tapi bisa timbul lagi. Apa harus saya menemui dokter kulit ya? Sudah cape obatinnya pengen sembuh total.

    BalasHapus
  19. Maaf sya mau bertanya.. mengapa ketika merasa gatal lalu saya garuk kemudian berbekas seperti keluar sesuatu seperti adanya bekas garukan pada kulit.. kira2 membahayakan tidak? Ataukah sya berpenyaki?

    BalasHapus
  20. Dok... Saya hbs panas sehari muncul bintik" merah pada tlapak tangan n kaki tp cuma dikit n g gatel,,, namun keesokan hariny bintik" merah itu tambah banyak dan gatal sekali dan cuma ada di telapakan tangan dan kaki.. Kira " kenapa ya dok? Obatny ap?

    BalasHapus
  21. Hi .. Mau tanya, suami ku suka gatal tiba, gatal seperti di tusuk2 gitu sih katanya, gak lama badannya jd merah2 dan ad bintik2 merahnya gitu, itu knapa ya ? dan obatnya apa ?

    BalasHapus
  22. Hi .. Mau tanya, suami ku suka gatal tiba, gatal seperti di tusuk2 gitu sih katanya, gak lama badannya jd merah2 dan ad bintik2 merahnya gitu, itu knapa ya ? dan obatnya apa ?

    BalasHapus
  23. Bisa pakai obat herbal de nature Ibu silahkan kunjungi toko kami di www.obatampuherbal.com

    BalasHapus
  24. Saya mengalami gatal2 di area selangkangan paha dan bahkan sampai ke kemaluan mula nya cuman bintik2 merah kecil tpi akhirnya agak membesar tpi idak bernanah pak dokter jika di garuk gatal nya semakin menjadi jadi..
    Apa penyebab nya pak dokter dan apa obat nya pak dokter karna ini sangat mengganggu aktifitas saya pak dokter
    Terimakasih pak dokter

    BalasHapus
  25. infonya sangat bermanfaat,, di kita juga ada info tentang gatal2..

    BalasHapus