KANKER=CANCER=PURU AYAL=NEOPLASMA GANAS

Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk ;
  • tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal)
  • menyerang jaringan biologis di dekatnya,organ-organ penting serta syaraf tulang belakang.
  • bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis
Tiga karakter ganas inilah yang membedakan kanker dari tumor jinak. Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor adalah segala benjolan tidak normal atau abnormal. Tumor dibagi dalam 2 golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis tumor ganas. Sebagian besar kanker membentuk tumor, tetapi beberapa tidak, seperti leukemia.
Cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan studi, diagnosis, perawatan, dan pencegahan kanker disebut onkologi.

Kanker dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua golongan umur, namun lebih sering menimpa orang yang berusia 40 tahun keatas.
Umumnya sebelum kanker meluas atau merusak jaringan disekitarnya, penderita tidak merasakan adanya keluhan ataupun gejala. Bila sudah ada keluhan atau gejala, biasanya penyakitnya sudah lanjut.
Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya metastasis.
Diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh oleh biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi atau radiasi. 
Kebanyakan kanker menyebabkan kematian. Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang setelah penyakit jantung.

Ada 7 gejala yang perlu diperhatikan dan diperiksakan lebih lanjut ke dokter untuk memastikan ada atau tidaknya kanker, yaitu ;
  1. W aktu buang air besar atau kecil ada perubahan kebiasaan atau gangguan
  2. A lat pencernaan terganggu dan susah menelan.
  3. S uara serak atau batuk yang tak sembuh-sembuh.
  4. P ayudara atau ditempat lain ada benjolan (tumor).
  5. A ndeng-andeng (tahi lalat) yang berubah sifatnya, menjadi semakin besar & gatal.
  6. D arah atau lendir yang abnormal keluar dari tubuh.
  7. A danya koreng atau borok yang tak mau sembuh-sembuh.
Pencegahan
Sebagian besar jenis kanker dapat dicegah dengan kebiasaan hidup sehat sejak usia muda dan menghindari faktor-faktor penyebab kanker.
Ilmu pengetahuan mengenai penyebab kanker dan tindakan penanganan serta pencegahan kanker sangatlah ekstensif. Pengendalian kanker sudah dipahami sebagai tindakan kesehatan publik yang ditujukan untuk mempraktekkan ilmu-ilmu yang ada. hal ini meliputi implementasi strategi yang sistematis dan wajar untuk mencegah kanker berdasarkan bukti-bukti yang ada, pendekatan kanker dini serta penanganan pasien yang mengidap kanker.
Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk meminimalisasi resiko terkena kanker :
1. Mengenai makanan :
     - Mengurangi makanan berlemak yang berlebihan.
     - Lebih banyak makan makanan berserat.
     - Lebih banyak makan sayur-sayuran berwarna serta buah-buahan, beberapa kali sehari.
        (disarankan makan aprikot,umbi ubi jalar ungu dengan kulit,umbi singkong)
     - Lebih banyak makan makanan segar.
     - Mengurangi makanan yang telah diawetkan atau disimpan terlalu lama.
     - membatasi minuman alkohol / soft drink.
2. Hindari diri dari penyakit akibat hubungan seksual.
3. Hindari kebiasaan merokok. Bagi perokok berhenti merokok.
4. Upayakan kehidupan seimbang dan hindari stress.
5. Tetap aktif dan jaga berat badan ideal.
6. Lindungi diri anda dari sinar matahari langsung.
7. Imunisasi hepatitis B & Human Papillomavirus (HPV) yaitu virus yang ditularkan melalui  
 kegiatan seksual yang dapat menimbulkan kanker serviks/mulut rahim. Hati-hati juga  terhadap virus di tempat-tempat WC umum yang jorok.
8. Deteksi diri anda(pemeriksaan pribadi).
9. Sering lakukan pijatan/remasan pada payudara juga menghindari terkena kanker payudara.


Penyebab Utama Kanker

  1. Usia. Usia manusia bisa menjadi penyebab kanker. Orang yang lebih tua resikonya lebih tinggi untuk terkena kanker. Faktanya 75% kasus kanker terdiagnosa pada orang berusia diatas 60 tahun. Semakin tua kita maka tubuh juga akan kehilangan kemampuan untuk mencegah kanker itu sendiri.
  2. Keturunan. Beberapa kasus kanker payudara adalah karena keturunan. Bisa jadi juga apa yang dikonsumsi oleh suatu keluarga sebagian besar sama .
  3. Tembakau. Baik bagi perokok aktif yang langsung merokok, ataupun perokok pasif yang sering menghisap asap rokok lingkungannya.
  4. Karsinogen. Dapat berupa racun kimia seperti benzena, formaldehida,vinil klorida. Semua racun kimia ini banyak ditemui di kehidupan sekitar kita, misalnya cat tembok.
  5. Paparan sinar matahari. Radiasi sinar UV juga menjadi penyebab kanker kulit.
Gejala-gejala kanker pada anak

  • Mata. Bintik putih pada mata/ mata kuning, mata tampak lebih besar & menonjol, mata mendadak juling. Umum terjadi pada anak-anak dibawah 4 tahun.
  • Pembengkakan. Misal pada hati, limpa, leher, buah zakar, kelenjar getah bening dan tulang.
  • Rasa Nyeri. Pada tulang/ sendi.
  • Tanda-tanda neurologis. Sakit kepala yang berkepanjangan dan disertai mual/muntah yang menyemprot pada saat bangun tidur, gangguan keseimbangan, penurunan kesadaran, kejang, perubahan perilaku, kelumpuhan anggota gerak dan saraf otak.
  • Tanda-tanda Umum. Pucat, demam yang tidak diketahui sebabnya, pendarahan abnormal (lebam/biru biru di kulit, mimisan, kencing berdarah, turun berat badan dan tidak nafsu makan).
Hindari makanan-makanan pencetus kanker ini

  • Daging merah. Beresiko terserang kanker usus
  • Ikan yang mudah sekali terkontaminasi karsinogen.
  • Popcorn. Bila dimasak dengan microwave yang dilapisi  bahan kimia. Dapat mencetuskan kanker hati, testis, dan pankreas.
  • Soda. Pasalnya pewarna pada produk minuman tersebut mengandung karsinogen pemicu kanker. Ketika dikonsumsi dengan intensitas tinggi bisa meningkat bibit kanker leukimia, kenker paru, hati dan tiroid.
  • Garam. Makanan yang mengandung kadar garam tinggi bukan hanya menyebabkan peningkatan tekanan darah, resiko jantung, dan stroke, namun juga menyebabkan kanker lambung. Takaran tepat terkait penggunaan garam adalah satu sendok makan perhari.
  • Makanan bertepung. Kerap mengkonsumsi makanan bertepung sama artinya anda mengasup banyak karbonhidrat. Kelebihan karbohidrat dikaitkan dengan peningkatan 220% kanker payudara.
  • Minyak. Selain mengandung lemak jenuh pemicu kolesterol, beberapa jenis minyak juga melalui proses terhidrogenasi. Proses mengubah minyak nabati cair menjadi padat dengan menambahkan ior hidrogen dalam tekanan tinggi, seperti pada mentega dan margarin. Proses inilah yang disebut memicu berbagai jenis kanker, saat minyak dikonsumsi tubuh.
  • Donat.  Bahan pembuat donat termasuk minyak terhidrogenasi, tepung putih, gula, dan akrilamida buruk bagi kesehatan. Mengkonsumsi donat secara teratur mengaktifkan sel-sel kanker dalam tubuh.
  • Selai Kacang. Meski disebut mengandung vitamin E dan A, selai kacang yang terbuat bukan dari kacang pilihan memungkinkan kacang mengandung sejenis jamur yang disebut aflatoksin peningkat resiko kanker hati.
Obat Alami Penyembuh Kanker
  • Bersihkan pikiran dari hal-hal negatif (harus bisa menghapus kebencian-kebencian dalam hidup ini) & juga hilangkan segala stres/tekanan dalam diri. Jadi disini mengubah pola hidup ke arah lebih positif.
  • Ubah juga pola makan dan beralih ke makanan-makanan hidup/mengandung enzim dan jauhkan pola makan atas makanan-makanan mati/olahan.
  • Berusaha mendapatkan asupan Air Susu Ibu (ASI) dari keluarga sendiri atau minta bantuan dari luar keluarga.
Modern Cancer Hospital Guangzhou mengadakan pengobatan kanker tanpa operasi dengan "Photodynamic" penyinaraan tumor secara lokal aman u/pengobatan kanker usus, kerongkongan, pencernaan, dll. Bertarget & minim efek samping. Kantor perwakilan; Menara Citicon, Slipi, Jakbar,Indonesia.
Paradigma baru mengenai penyakit Kanker menurut Dr.Makoto Kondo adalah bahwa lupakan kanker tidak perlu operasi, jangan menjalani proses radioterapi atau terapi radiasi, apalagi kemoterapi. Dengan mengkonsumsi mentimun rebus, maka racun dalam tubuh akan keluar bersama dengan keluarnya urin dan atau keringat. Selain itu mentimun rebus dapat melarutkan batu ginjal.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar