PIKUN, DEMENSIA, ALZHEIMER

Pikun dengan sifat pelupa pada orang lanjut usia, sering kali dianggap enteng namun dapat membuat frustasi penderita maupun orang-orang disekitarnya. Pikun umumnya dialami oleh mereka yang telah lanjut usia, namun tidak jarang disebabkan oleh penyakit. Beberapa kasus pikun dapat mengganggu aktifitas sehari-hari. Jika hal ini terjadi, maka ia disebut dengan Demensia. Ia sering lupa menaruh barang, sering marah-marah tanpa alasan, sering melamun, bahkan sering menangis tanpa sebab. Salah satu penyebabnya adalah penyakit Alzheimer.

Perbedaan Demensia dan Alzheimer
Jika demensia adalah gejala, maka Alzheimer adalah salah satu penyakit yang menjadi penyebabnya. Demensia adalah perubahan kognitif dan menurunnya fungsi mental seseorang secara bertahap, yang bukan disebabkan oleh proses penuaan yang normal.  Penderita demensia seringkali berbicara kacau, sulit berkonsentrasi, bingung saat menghadapi masalah, melakukan penilaian, perencanaan dan organisasi. Ini akan mengganggu kehidupan sosial dan pekerjaan sehari-hari. Padahal sebelumnya penderita mungkin saja orang yang sangat aktif.

Demensia dapat terjadi mendadak akibat matinya sel-sel otak, misalnya karena penyakit stroke atau cedera berat pada kepala. Ia juga dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti Aids, demam tinggi, dehidrasi, hidrosefalus, penyakit lupus, penyalah gunaan alkohol atau obat-obatan, kekurangan vitamin, hipotiroid, tumor otak, dan parkinson. Pada kasus tersebut, biasanya proses demensia berlangsung lebih lambat dan bertahap.

Menurut Dr.Manfaluti Hakim,Sp.S dari fakultas Kedokteran UI, penderita demensia umumnya mengalami kesulitan dalam memahami orang disekitarnya dan sulit menjalani aktivitas sehari-hari. Ia menjadi sulit berkonsentrasi, dan bisa tiba-tiba lupa apa yang sedang ia kerjakan. Belum lagi timbul halusinasi, paranoid, dan delusi. Oleh karena itu tidak jarang penderitanya mengalami frustasi dan depresi.

Demensia dapat terjadi sementara, misalnya akibat gangguan tiroid atau kekurangan vitamin. Jika kondisi ini diperbaiki, maka penderita dapat kembali normal. Namun, kebanyakan demensia bersifat permanen. Misalnya disebabkan oleh penyakit degeneratif pada otak. Salah satunya adalah Alzheimer, yang merupakan penyebab 70 - 80 % kasus demensia. Meski demikian terjadinya Alzheimer bukan merupakan bagian dari proses penuaan yang normal. Alzheimer lebih banyak mengenai wanita dibandingkan pria, dan orang yang memiliki kerabat dengan Alzheimer pada usia muda, memiliki resiko lebih tinggi mengalami Alzheimer di kemudian hari. Penyakit Alzheimer rentan diidap oleh orang-orang yang telah berusia diatas 65 tahun, walau ada juga dialami orang-orang antara 40 hingga 65 tahun.

Untuk mendiagnosis Alzheimer bukanlah merupakan hal yang mudah. Diagnosis pasti Alzheimer hanya dapat ditegakkan setelah penderita meninggal, yaitu melalui otopsi jaringan otak. Selain mempengaruhi memori, Alzheimer juga akan menyebabkan perubahan mood dan perilaku. Seiring dengan waktu, gangguan kognitif yang dialami akan makin berat. Penderita juga menjadi mudah berubah emosinya, gelisah, dan bisa menjadi kasar. Bahkan kepribadiannya juga bisa berubah.

Diagnosis Demensia dan Alzheimer
Menurut Dr.Manfaluti Hakim, untuk mengetahui seseorang menderita demensia atau tidak, diperlukan pemeriksaan menyeluruh terhadap riwayat kesehatan seseorang, termasuk pemeriksaan fisik dan neurologisnya. Dokter akan mengajukan sejumlah pertanyaan pada orang-orang terdekat pasien. Pasien juga akan diperiksa status mental dan kemampuannya dalam mengingat. Untuk mengetahui penyebab demensia, diperlukan pemeriksaan seperti pemeriksaan darah, rontgen, MRI, PET scan atau CT scan.
Penderita Alzheimer umumnya hidup sekitar 8 hingga 10 tahun setelah gejala muncul, namun ada juga beberapa penderita lainnya yang bisa hidup lebih lama dari itu.

Penelitian Mary Newport terhadap suaminya Steve yang terserang Alsheimer parah
Mary sangat kesal saat itu, tetapi sebagai seorang dokter dia tidak akan menyerah begitu saja.
Dia menemukan bahwa penyakit alzheimer terkait dengan Kekurangan Glukosa ke Otak.
Penelitiannya mengatakan : demensia orang tua seperti memiliki diabetes di kepala. Sebelumseseorang memiliki gejala diabetes atau penyakit alzheimer , tubuh sudah memiliki masalah selama 10 hingga 20 tahun sebelumnya. 
Menurut penelitian Dr.Mary, penyakit Alzheimer sangat mirip dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2.Penyebabnya juga adalah ketidak seimbangan insulin.
Karena insulin memiliki masalah , hal itupunmencegah sel-sel otak menyerap glukosa. Glukosa adalah nutrisi sel-sel otak. Tanpa glukosa,sel-sel otak akan mati.
Ternyata, protein berkualitas tinggi ini adalah sel yang memberi makan tubuh kita.
Tetapi nutrisi untuk sel otak kita adalah glukosa. Selama kita menguasai sumber dari 2 jenis makanan ini, kita adalah tuan atas kesehatan kita sendiri.
Pertanyaannya selanjutnya adalah, dimana menemukan glukosa? ini bukan glukosa siap pakai yang kita beli dari toko. Glukosa itu juga bukan dari buah-buahan seperti anggur. Sang dokter mulai mencari alternatif. 
Nutrisi alternatif untuk sel otak adalah Keton. Keton diperlukan dalam sel-sel otak. Keton tidak dapat ditemukan dalam vitamin. 
Minyak Kelapa mengandung Trigliserida. Setelah trigliserida dalam minyak kelapa dikonsumsi, dimetabolisme menjadi keton di hati. Ini adalah nutrisi alternatif untuk sel-sel otak.
Setelah verifikasi ilmiah ini, Dr.Mary menambahkan minyak kelapa (alami) ke makanan suaminya. Setelah hanya 2 minggu, ketika dia pergi ke rumah sakit lagi untuk melakukan pengecekan dan tes gambar jam, perkembangannya luar biasa.
Dr.Mary berkata :
Pada waktu itu, saya pikir, apakah Tuhan telah mendengar doa-doa saya? Bukakah itu hasil terapi minyak kelapa? Tetapi tidak ada cara lain. Lagi pula, lebih baik terus menggunakan minyak kelapa.
Dr. Mary sekarang menjadi bagian dari basis praktik medis tradisional. Dia jelastahu kemampuan obat tradisional.
Tiga minggu kemudian, ketiga kalinya dia membawa suaminya untuk melakukan tes jam pintar. Kinerjanya lebih baik dari yang terakhir kali. Kemajuan ini tidak hanya intelektual, tetapi juga emosional dan fisik.
Dr.Mary berkata :
Semula dia tidak bisa berlari, tetapi sekarang dia bisa berlari. Dia tidak bisa membaca selama 1,5 tahun, tetapi dia bisa membaca lagi sekarang setelah meminum minyak kelapa selama 3 bulan.
Tindakan suaminya sudah mulai berubah. Dia tidak berbicara di pagi hari. Sekarang dia melihat banyak perubahan.
Sekarang setelah dia bangun, dia bersemangat, berbicara dan tertawa. Dia minum air sendiri dan mengambil peralatan untuk dirinya sendiri.
Dipermukaan, ini adalah tugas harian yang sangat sederhana, tetapi hanya mereka yang datang ke klinik atau memiliki kerabat gila di rumah dapat mengalami kegembiraan: Tidak mudah untuk melihat kemajuan seperti itu.
Setelah menggoreng sayuran dan bawang dalam minyak kelapa, membuat kue dengan kelapa, setelah mengambil 3 hingga 4 sendok makan minyak kelapa setiap kali makan, 2-3 bulan kemudian, mata juga sekarang dapat fokus secara normal.
Studinya membuktikan bahwa minyak kelapa benar-benar dapat memperbaiki masalah demensia pada orang tua.
Oleskan minyak kelapa ke roti,. Saat krim kelapa digunakan rasanya tidak enak.
Kaum muda juga dapat menggunakannya untuk pemeliharaan kesehatan dan pencegahan, dan dapat meningkat jika mereka memiliki gejala demensia.
Demensia disebabkan karena nutrisi tidak dapat diangkut ke sel-sel otak dan nutrisi harus dilewatkan dari tubuh ke otak oleh insulin.
Khusus untuk penderita diabetes, tidak mudah mendapatkan sekresi insulin. Nutrisi tidak bisa sampai ke otak. Ketika sel-sel otak mati kelaparan, mereka kehilangan kecerdasan.
Minyak kelapa mengandung Trigliserida rantai menengah, yang dapat memasok nutrisi ke otak tanpa menggunakan insulin.
Jadi itu bisa memperbaiki penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.
(Buat lah Minyak kelapa sendiri dari kelapa parut tua di pasar sekitar 5 biji, sampai dirumah dimasak sampai mengeluarkan minyak yang nanti disaring)

Yang terjadi di Otak
Pada setiap sel otak terdapat saluran-saluran yang berfungsi untuk menyampaikan nutrisi dan informasi.  Pada demensia dan alzheimer saluran ini mengalami kerusakan dan terurai. Pada akhirnya sel-sel saraf akan mengalami kematian sehingga komunikasi antar sel saraf terganggu. Bagian otak yang pertama terkena pada Alzheimer adalah hipokampus. Hipokampus merupakan baian otak tempat diproses nya informasi dari luar dan mengirimnya kebagian otak yang lain untuk disimpan,termasuk memory. Inilah sebabnya penderita demensia dan Alzheimer seringkali menanyakan hal yang sama berulang kali. Karena informasi yang ada tidak dapat disimpan di otak.

Secara mikroskopis ada 3 hal yang menjadi tanda kas terjadinya Alzheimer, yaitu penumpukan plak amiloid (sejenis protein abnormal yang menumpuk diantara sel saraf), neurofibrillary tangles (terbentuk dari sel-sel saraf yang mati), dan kematian sel saraf dan terputusnmya hubungan antar sel saraf. Kematian sel saraf mengakibatkan menyusutnya otak, terutama di hipokampus, sehingga rongga di dalam otak terlihat lebih besar. Lama kelamaan kematian sel otak akan menjalar ke bagian otak lain, menimbulkan gejala baru yang lebih berat dan akhirnya berujung pada kematian.

Perjalanan penyakit Alzheimer
Setiap penderita akan mengalami perjalanan penyakit yang berbeda-beda. Gejala yang timbul mungkin tidak sama dan memiliki tingkat yang berbeda-beda.

Derajat 1 : tidak ada gangguan (fungsi normal)

Derajat 2 : Penurunan Kognitif yang sangat ringan (dapat karena usia atau tahap awal alzheimer). Penderita merasakan kesulitan dalam mempertahankan memori, melupakan kata atau lokasi tertentu, namun belum ada tanda yang ditemukan pada pemeriksaan atau dirasakan oleh orang-orang di sekitarnya.

Derajat 3 : Penurunan Kognitif Ringan. Gangguan mulai dirasakan oleh orang terdekat. Pada pemeriksaan dapat ditemukan gangguan memori atau konsentrasi.Misalnya sulit menemukan nama atau kata yang tepat. sulit mengingat nama orang yang baru dikenal. sulit melakukan pekerjaan, menghilangkan benda,  sulit membuat rencana atau mengatur sesuatu.

Derajat 4 : Penurunan Kognitif Sedang. Pemeriksaan kesehatan menemukan gejala seperti lupa akan kejadian yang baru dialami, kesulitan dalam berhitung, melakukan hal yang rumit, lupa akan riwayat hidup sendiri, mood berubah-ubah atau menarik diri dari lingkungan.

Derajat 5 : Penurunan Kognitif Sedang-Berat. Terlihat adanya kesenjangan antara memori dan berpikir, mulai memerlukan bantuan orang lain dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Misalnya lupa alamat atau nomor teleponnya sendiri, lupa akan nama sekolahnya dahulu, bingung dia sedang berada dimana.

Derajat 6 : Penurunan Kognitif Berat.  Gangguan memori makin berat, terjadi perubahan kepribadian dan memerlukan bantuan orang lain dalam melakukan aktivitas sehari-hari, ia tidak lagi dapat mengingat riwayatnya, melupakan nama pasangan, kesulitan dalam berpakaian, kesulitan dalam menggunakan toilet, dll.

Derajat 7 : Penurunan Kognitif yang Sangat Berat. Ia tidak lagi mampu merespon lingkungan, berkomukasi, dan mengendalikan gerakan. Tidak dapat tersenyum, duduk tanpa bantuan dan kesulitan dalam menegakkan kepala. Refleks menjadi abnormal dan otot menjadi kaku, serta terjadi gangguan dalam menelan. 

Terapi
Menurut Dr.Manfaluti Hakim, pada demensia yang bersifat sementara, pengobatan terhadap penyebab dapat mengembalikan ingatan pasien ke kondisi semula. Misalnya pada demensia yang berkaitan dengan kekurangan vitamin, tumor, alkohol atau penyalahgunaan obat, reaksi obat, atau gangguan hormonal.
Berbeda dengan demensia, sampai saat ini belum ada terapi yang dapat menyembuhkan Alzheimer.  Obat yang ada sekarang ini bertujuan untuk menghambat perkembangan penyakit Alzheimer agar berlangsung lebih lambat dan memperbaiki kualitas hidup.
Terapi standar yang diberikan untuk penderita Alzheimer adalah golongan inhibitor kolinesterase dan antagonis parsil N-metil-D-aspartat. Sedangkan untuk gejala penyerta (depresi, agitasi, agresi, halusinasi, delusi, gangguan tidur) diberikan obat sesuai gejala. Beberapa obat yang digunakan adalah antidepresi, anti cemas, anti parkinson, beta-bloker, anti epilepsi ( untuk mengatasi perubahan perilaku), neuroleptik. Jika penderita menunjukkan kondisi yang tidak stabil, mungkin diperlukan perawatan di rumah sakit. Terutama jika membahayakan dirinya atau orang lain.
Pada kasus Alzheimer ringan sampai sedang, dapat diberikan inhibitor kolinsterase dan latihan mental ( mengisi teka teki silang atau kuis) untuk mencegah atau memperlambat kemunduran kognitif pada pasien. Meski demikian ia tidak dapat mengatasi penyebab terjadinya degenerasi sel-sel saraf. Obat yang termasuk golongan ini antara lain tacrine, donepezil, rivastigmin, dan galantamin. Obat ini juga dapat membantu mengurangi rasa marah, perasaan ingin berkeliaran, dan perilaku yang tidak pantas.
Untuk Alzheimer sedang sampai berat, obat yang diberikan adalah golongan antagonis parsial N-metil-D-aspartat memantadine. Obat ini akan memperlambat penumpukan kalsium dan mencegah kerusakan saraf lebih lanjut. ia juga dapat diberikan bersama dengan inhibitor kolinesterase.

Dalam menghadapi pasien dengan demesia dan Alzheimer diperlukan kesabaran dari orang terdekat dan orang yang merawat. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Kenyamanan penderita, mulai dari nyeri, lapar, haus, konstipasi, buang air kecil, adanya infeksi, atau iritasi pada kulit.
  • Hindari komentar atau argumen keras yang menentang penderita, meskipun yang dikatakannya salah atau bertentangan dengan kenyataan.
  • Alihkan perhatian pasien dan usahakan selalu bersikap suportif dengan merespon emosinya, bukan terhadap perilakunya.
  • Ciptakan suasana yang tenang, hindari suara berisik, cahaya dan ruangan yang tidak nyaman, termasuk televisi.
  • Istirahat yang cukup setiap ada kejadian yang merangsang kemarahan, dll.
  • Perhatikan alasan di balik setiap perilaku menyimpang. 
  • Jangan menganggap perilaku pasien terlalu serius, berbagi pengalaman dengan orang lain.
10 Tanda Alzheimer

  1. Hilangnya ingatan yang mengganggu kehidupan sehari-hari. Penderita melupakan tanggal dan kejadiaan penting, menanyakan hal yang sama berulang-ulang, lebih sering menggunakan alat bantu seperti notes atau reminder dibanding sebelumnya. Berbeda dengan lupa akibat usia, biasanya lupa akan nama atau janji, namun dapat mengingatnya kemudian.
  2. Kesulitan dalam membuat perencanaan atau menyelesaikan suatu masalah. Penderita kerap mengalami kesulitan dalam berhitung sederhana, atau memasak, sulit berkonsentrasi dan memerlukan waktu lama dibanding biasanya. Berbeda dengan penuaan yang menyebabkan kesalahan biasa dalam menghitung.
  3. Kesulitan dalam menyelesaikan tugas atau kegiatan sehari-hari. Bingung saat menyetir ke tempat kerja atau belanja, lupa cara memainkan permainan yang disukainya.
  4. Tidak mengenali tempat dan waktu. Lupa ia sedang berada dimana dan bagaimana bisa berada ditempat tersebut, bingung akan pagi, siang dan malam.
  5. Kesulitan dalam memahami gambar dan ruang. Sulit menentukan jarak antar benda, menentukan warna, dll.
  6. Kesulitan dalam berbicara atau menulis. Sulit mengikuti pembicaraan, bingung bagaimana meneruskan pembicaraan atau bicara berulang-ulang. Kadang salah menyebutkan benda atau nama.
  7. Salah meletakkan benda dan bingung mencari kembali. Sering meletakkan benda ditempat yang bukan biasanya dan mungkin menuduh orang lain yang mencurinya.
  8. Menurunnya kemampuan menilai. Sulit melakukan penilaian atau membuat keputusan, memberikan uang banyak pada orang yang tidak dikenal, sulit berkonsentrasi dan menjaga kebersihan diri.
  9. Menarik diri dari pekerjaan atau kegiatan sosial. Tidak mau lagi bekerja, berolahraga, atau melakukan hobinya.
  10. Perubahan mood dan kepribadian. Sering bingung, merasa curiga, depresi, takut atau gelisah. Sering marah-marah di rumah, di tempat kerja. Marah dengan temannya atau jika berada di tempat diluar zona nyamannya.
Pencegahan penyakit Alzheimer
Karena penyebab pastinya belum diketahui, sulit untuk mencegah penyakit ini secara pasti. Namun ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mempertahankan kesehatan dan fungsi otak, diantaranya dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, tidak merokok, membatasi konsumsi alkohol, serta rutin memeriksakan diri ke dokter seiring pertambahan usia. Harus dapat juga mengisi masa pensiunnya dengan aktivitas-aktivitas sosial yang positif yang menarik minat masing-masing pribadi.
Juga dapat mengkonsumsi ace maxs/kulit manggis, daun sirsak, dll herbal alami. Labu kuning baik untuk mempertajam daya ingat, sedang untuk pria dewasa berguna juga untuk menghasilkan sperma berkualitas.
Alzheimer bukan penyakit menular, melainkan merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil.
Alzheimer juga dikatakan sebagai penyakit yang sinonim dengan orang tua.
Lakukan sering2 olah raga napas dg barengan keluar kan lidah sepanjang mungkin, kadang ini mencegah terkena penyakit Alzheimer.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar