APA YANG DIKONSUMSI PAGI HARI LEBIH BERASA MANFAATNYA BAGI TUBUH

Sewaktu pertama kali anda bangun dan membuka mata anda wajib minum air putih setengah liter sampai 1 liter. Air putih yang dipilih kalau bisa jangan air ledeng yang dimasak, karena banyak kandungan kaporitnya, juga janganlah air panas, dan juga yang harus diperhatikan adalah kandungan flourida dalam air tidak boleh lebih dari 0,5 ppm. Diusahakan air putih yang anda konsumsi paling kurang air putih yang telah banyak di jual dan melalui proses penyulingan yang bersih terjamin. Ini untuk melancarkan semua saluran-saluran dalam tubuh anda yang tadi diam sewaktu tidur dan hanya mengeluarkan racun-racun tertentu di dalam tubuh pada jam-jam tertentu. Setelah air masuk kedalam tubuh, anda dapat mencari udara terbuka sedikit untuk melakukan latihan pernapasan beberapa kali. Untuk selanjutnya buang air besar anda biasanya bisa terlaksana dengan lancar.

Selang setengah jam sampai 1 jam berikutnya anda dapat mengkonsumsi sayur dan buah yang bergizi sesuai pilihan variasi anda sendiri dan hindari mengkonsumsi dengan jenis/ragam yang berulang-ulang setiap hari. Juga hindari sayur & buah yang bersifat asam di pagi hari.

Buah-buahan mayoritas terdiri dari gula buah yaitu fruktosa. Sejak gigitan pertama, mulut akan menghasilkan enzim yang bekerja untuk memecah karbonhidrat menjadi komponen yang lebih mudah dicerna. Selanjutnya kerja enzim pemecah karbonhidrat di perut terhenti, karena lingkungannya yang bersifat terlalu asam. Proses ini akan berlanjut lagi di usus halus untuk menghasilkan komponen karbonhidrat yang lebih sederhana sehingga dapat diserap oleh tubuh.

Sebenarnya fruktosa yang terkandung dalam buah sendiri sudah tergolong karbonhidrat sederhana. Lalu apakah karena sudah berbentuk sederhana, maka buah lebih cepat dicerna dibanding makanan lain? Belum tentu, karena masih ada komponen lain dalam buah yaitu serat, yang dapat memperlambat proses pencernaan.

Berbeda lagi dengan sayuran. Sayuran memiliki kandungan gizi yang lebih beraneka ragam jika dibandingkan dengan buah, karena terdapat karbonhidrat, protein, dan juga lemak pada sayuran yang anda makan. Masing-masing zat gizi menjalani proses yang berbeda dengan enzim-enzim yang berbeda pula. Dengan lebih beragamnya jenis zat gizi serta jumlah serat yang lebih banyak, sayur memiliki waktu cerna yang lebih lama jika dibandingkan dengan buah.

Jika melihat cara sayur buah dicerna, ada beberapa keadaan dimana anda mungkin harus mempertimbangkan kembali sebelum memutuskan untuk makan sayur dan buah.
  1. Sebelum berolahraga. Jika anda hendak berolahraga, anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi sayur buah yang tinggi serat. Karena serat lama dicerna dan bisa menimbulkan masalah pencernaan jika anda berolahraga dengan perut yang masih terisi. Beri jeda kurang lebih 2-3 jam setelah makan baru anda bisa mulai berolahraga. Jika anda ingin hidangan segar sebelum mulai berolahraga, anda bisa mencoba buah-buahan yang rendah serat seperti pisang, atau buat campuran sayur buah favorit anda menjadi smoothies agar lebih mudah dicerna.
  2. Sebelum Tidur.  Mengonsumsi seporsi buah lengkap dengan dressing mungkin menjadi camilan anda sebelum tidur. Namun hal ini tidak disarankan, karena dengan begitu tubh kita akan bekerja menghasilkan insulin untuk menjaga kestabilan gula darah yang naik setelah mengonsumsi karbonhidrat. Naiknya insulin akan menurunkan hormon melatonin, yaitu hormon penting yang bekerja ketika kita hendak tidur. Pastikan anda makan setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur agar tubuh anda dapat beristirahat dengan maksimal.
  3. Saat sedang Diare. Meskipun sayur dan buah baik bagi kesehatan, tetapi mengonsumsinya ketika anda sedang diare dapat memperparah frekuensi buang air besar. Serat yang terdapat pada sayur buah membantu pencernaan menjadi lebih lancar. Hal ini tentu menguntungkan jika anda sedang dalam kondisi sehat, namun mungkin anda ingin menghindari hal tersebut ketika sedang diare. Bukan berarti anda tidak boleh makan sayur dan buah, anda bisa memilih jenis sayur buah yang kandungan seratnya tergolong rendah sebagai alternatif.
Beberapa mitos terkait waktu yang tepat untuk makan buah:
  • Tidak boleh makan buah di pagi hari saat perut kosong. Sebaliknya malah makan buah & sayur pagi hari lebih baik. Memang sarapan pagi yang baik menurut anjuran Kementerian Kesehatan terdiri dari karbonhidrat, protein dan lemak dengan jumlah yang seimbang. Sehingga, jika anda hanya makan buah saja untuk sarapan, anda mungkin akan cepat kembali merasa lapar.
  • Jika hanya makan buah saja, tubuh akan lebih fokus untuk mencerna zat gizinya. Tubuh anda bekerja secara unik, ketika makanan masuk ke sistem pencernaan, enzim yang dilepas akan sesuai dengan jenis zat gizi yang hendak dicerna. Jadi sistem pencernaan anda sudah dirancang untuk mencerna berbagai jenis zat gizi dalam satu waktu karena tidak ada satu jenis makanan yang hanya mengandung satu zat gizi saja.
  • Mengonsumsi buah bersamaan dengan makanan lain akan membuat perut kembung? Dekomposisi merupakan proses penguraian yang terjadi karena adanya kerja bakteri. Pada saat makanan masuk ke perut anda, tidak ada enzim dan bakteri yang dapat bekerja karena lingkungannya yang bersifat asam, sehingga kurang tepat jika dikatakan buah dapat terurai terlebih dahulu dan gasnya dapat menyebabkan kembung.
Menurut laman Boldsky, tubuh akan menyerap nutrisi dalam buah-buahan, apabila dikonsumsi pada waktu tertentu. Simak tips berikut jika anda ingin menyantap buah diwaktu yang tepat.
  1. Pagi hari adalah waktu terbaik untuk mengonsumsi buah kesukaan anda. Lalu jangan lupa untuk minum segelas air sebelum mengonsumsi buah-buahan. Makan buah di pagi hari membantu detoksifikasi sistem tubuh dengan baik.
  2. Sore hari. Jika anda tak sempat mengonsumsi buah di pagi hari, cobalah untuk makan buah di sore hari.
  3. 30 menit sebelum makan besar. Mengonsumsi buah 30 menit sebelum makan besar akan membantu tubuh menyerap nutrisi lebih baik. Anda juga bisa mengonsumsinya 1 jam sebelum makan siang agar tubuh lebih berenergi dan kulit juga mendapatkan nutrisi baik dari buah.
  4. 30 menit sebelum berolahraga. Waktu ini juga menjadi waktu yang tepat untuk konsumsi buah karena dapat memberikan energi dan hidrat pada tubuh sebelum energi terbuang banyak.
Beberapa orang yang memiliki penyakit diabetes kadang mengalami kenaikan kadar gula darah dipagi hari. Ternyata kadar gula darah yang tinggi di pagi hari bisa diturunkan dengan makan sayuran.
Sayuran tidak hanya baik dikonsumsi malam hari ketika seseorang diet, karena mengonsumsi sayuran yang tepat di pagi hari bisa membantu mencapai kadar gula darah ke tingkat normal sekaligus memberikan nutrisi penting.
Meningkatnya kadar gula darah di pagi hari sering disebabkan oleh beberapa faktor. Ahli dari Cleverlend clinic menjelaskan salah satunya tubuh seseorang menyimpan gula yang dikonsumsinya malam hari. Saat pagi, tubuh akan menarik gula tersebut dari tempat penyimpanannya sehingga kadar gula darah meningkat.
Kadar gula darah yang tinggi atau disebut dengan hiperglikemia ditandai dengan rasa haus yang meningkat, ingin buang air kecil terus, penglihatan yang sedikit kabur serta rasa kelelahan.
Beberapa sayuran diketahui bisa membantu menurunkan atau menstabilkan kadar glukosa dalam darah. Hal ini karena sayuran mengandung serat, sehingga bisa membantu menurunkan gula darah. Seperti sayuran wortel, brokoli, kembang kol buah bit, jamur tertentu serta sayuran hijau termasuk bayam dan kangkung.
Hidarin sayuran bertepung, karena mengandung karbonhidrat tinggi yang menyebabkan kadar gula darah meningkat. Sebaiknya hindari kacang polong, jagung atau labu di pagi hari.

Makan buah yang sehat setiap pagi saat perut kosong/ sebelum sarapan akan membantu tubuh untuk menyerap semua nutrisi penting yang diperlukan. Hindari makan buah bersama dengan makanan lain.

Makanan yang benar berhubungan dengan makanan yang benar dan waktu yang tepat :
  • Makan yang benar saat anda bangun 1/2 jam sampai 1 jam sesudah minum air putih
  • Makan yang benar sebelum anda belanja ke pasar
  • Makan sayuran + buah segar alpukat/pisang + jus, (jangan yang masam/asam di pagi hari.
  • Makan yang benar sebelum berolahraga, cukup air putih / makan yang benar sesudah berolahraga 30-45 menit buah dan sayur
  • Makan yang benar saat anda makan di luar, tahan godaan/ berfoya-foya. Saat anda keluar makan salad dan sayur
  • Makan yang benar di malam hari; saat anda makan banyak dimalam hari otak dan otot anda tidak mendapat bahan bakar diperlukan untuk aktifitas fisik. Jadi hindari makan banyak dan makan terakhir sebaiknya sebelum jam 8 malam.
10 aturan penting buat juice :
  1. Juice asam tidak dapat diminum pagi
  2. Juice bukan pengganti makanan untuk siang hari, tapi boleh untuk malam
  3. juice bukan pengganti buah, karena lebih bagus makan buah langsung
  4. Juice tetap baik diminum bersama ampas atau di blender
  5. Jangan menyimpan juice terlalu lama, mending langsung diminum
  6. Juice tidak selalu rendah kalori yang baik, terbukti alpukat bagus
  7. Gunakan buah yang segar, karena yang layu akan mengurangi manfaat
  8. Variasi berbagai macam juice
  9. Tidak selalu juice itu memakai buah, tapi dicampur sayur
  10. Juice sudah manis, jangan memakai gula dan susu lagi.


Sayuran seringkali dihindari oleh anak-anak dan bahkan oleh orang dewasa.Padahal sayuran mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Meski begitu, proses memasak sayuran selama ini menyebabkan nutrisi di dalamnya berkurang. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan sayuran adalah dengan menjadikan juice segar.
Membuat juice sayuran segar sangat mudah dan cepat. Selain itu nutrisi yang ada dalam sayuran juga lebih banyak dibanding dengan jika sayuran diolah dengan memasaknya. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi juice sayuran setiap hari.
  1. Menghilangkan Racun dari tubuh. Jika selama ini anda sering mengonsumsi makanan yang tidak menyehatkan atau mengadopsi gaya hidup tak sehat, mengonsumsi sayuran setiap hari bisa jadi salah satu cara mudah dan sehat untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh dan membuat tubuh lebih bugar.Kadar air dan antioksidan yang ada dalam juice sayuran akan menghilangkan semua racun dalam tubuh anda, terutama jika dikonsumsi setiap hari
  2. Menyehatkan Sistem Pencernaan. Juice sayuran segar memiliki banyak serat yang bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan. Juice sayuran akan membuat anda memproes makanan dengan lebih cepat. Ini akan membuat saluran pencernaan menjadi lebih bersih. Serat di dalam juice sayuran juga membuat anda merasa kenyang lebih lama
  3. Meningkatkan Metabolisme.  Banyak orang keberatan mengonsumsi sepuluh wortel setiap hari, namun dengan menjadikannya juice sayuran dan menambahkan sedikit jahe dan seledri, anda bisa mengonsumsi manfaat yang sama setiap hari. Jahe juga baik untuk pencernaan dan bisa meningkatkan energi. Selain itu juice ini akan meningkatkan metabolisme dalam tubuh anda.
  4. Sumber Nutrisi dan Karbohidrat. Ketika sayuran diolah dengan memasaknya, banyak nutrisi yang hilang. Namun dengan menjadikannya juice sayuran, anda bisa mendapatkan nutrisi yang lebih banyak. Beberapa juice sayuran bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik dan menyehatkan untuk tubuh.
  5. Membantu Menurunkan Berat Badan. Manfaat juice sayuran yang lainnya adalah membantu menurunkan berat badan. Tubuh tak akan menyimpan lemak ketika anda mengonsumsi makanan dalam bentuk cair dibandingkan jika mengonsumsi makanan dalam bentuk utuh. Selain itu menjadikan sayuran sebagai juice juga bisa membantu anda menurunkan berat badan tanpa membuat anda kehilangan nutrisi yang ada di dalamnya.
Jadi jangan ragu lagi untuk mengonsumsi juice sayuran setiap hari. Juice sayuran bisa memberikan banyak nutrisi dan manfaat kesehatan yang membuat tubuh lebih bugar. Pilih sayuran yang banyak mengandung air. Anda juga bisa mengombinasikan setiap sayuran setiap hari. Penting juga diperhatikan sayuran sering terkontaminasi dengan pestisida, untuk itu harus dilakukan pencucian yang bersih dengan rendam air garam/ cuka apel dan sesudahnya cuci dengan air mengalir. Lebih baik lagi kalau sayuran hasil kebun sendiri atau sayuran dari hasil tanaman hydroponik.

1 komentar:

  1. Modal 20 ribu+bonus 50% bagi pendaftaran pertama, Join https://goo.gl/pWZRPF | Line: togelnonstop | WA: +6281314016020

    BalasHapus