BAHAYA KAPORIT DAN RACUN KLORIN PADA AIR MINUM

(kaporit-wikipedia)

Kaporit
Kaporit atau Kalsium Hipoklorit adalah senyawa kimia yang memiliki rumus kimia Ca (ClO)2.
Kaporit biasanya digunakan sebagai zat disinfektan air.

Definisi
Kalsium hipoklorit adalah padatan putih yang siap didekomposisi di dalam air untuk kemudian melepaskan oksigen dan klorin. Memiliki aroma klorin yang kuat. Senyawa ini tidak terdapat di lingkungan secara bebas.

Penggunaan
Kalsium hipoklorit utamanya digunakan sebagai agen pemutih atau disinfektan. Senyawa ini adalah komponen yang digunakan dalam pemutih komersial, larutan pembersih dan disinfektan untuk air minum, sistem pemurnian air dan kolam renang.

Interaksi Kalsium Hipoklorit terhadap lingkungan
Ketika berada di udara, kalsium hipoklorit akan terdegradasi oleh sinar matahari dan senyawa-senyawa lain yang terdapat di udara.
Di air dan tanah, kalsium hipoklorit berpisah menjadi ion kalsium (Ca2+) dan hipoklorit (ClO). Ion ini dapat bereaksi dengan substansi-substansi lain yang terdapat di air.
Kalsium hipoklorit tidak terakumulasi di dalam rantai makanan.

Jalur Pajanan Kalsium Hipoklorit kepada Manusia
Pertama manusia dapat terpajan kalsium hipoklorit dalam level kecil ketika menggunakan disinfektan seperti pemutih rumah tangga.
Kedua, ketika berenang di kolam yang menggunakan bahan kimia ini untuk membunuh bakteri.
Ketiga, meminum air dari suplai air minum publik yang menggunakan bahan kimia ini untuk membunuh bakteri.
Selain itu , para pekerja yang dipekerjakan di pekerjaan dimana senyawa ini digunakan sebagai pemutih kertas dan tekstil dapat menjadi subjek pajanan dalam level sedikit lebih tinggi.

Pengaruh Kalsium Hipoklorit terhadap Kesehatan
Jika sejumlah kecil dari pemutih (3-6% hipoklorit) tertelan (ingesti), efeknya iritasi pada sistem gastrointestinal.
Jika konsentrasi pemutih yang tertelan lebih besar (10% hipoklorit ) atau lebih, efek yang dirasakan adalah iritasi korosif hebat pada mulut, tenggorokan, esofagus, dan lambung dengan pendarahan, perforasi(perlubangan), dan pada akhirnya kematian.
Kontak dengan larutan hipoklorit kuat dengan kulit akan menyebabkan kulit melepuh, nyeri bakar dan inflamasi.
Tanpa kita sadari, kaporit yang terkandung dalam air yang kita gunakan untuk mandi dua kali sehari ternyata merupakan penyebab utama masalah kecantikan dan kesehatan kita.
Demikian juga kadar kaporit dalam air kran perkotaan yang cukup tinggi seringkali berdampak pada kesehatan dan kecantikan.
Menurut Badan Perlindungan Lingkungan di AS, sebagai bahan baku kaporit di klasifikasikan dalam kelompok pestisida (yang penggunaannya ditujukan untuk membunuh organisme hidup).

Dari berbagai studi, ternyata orang yang meminum air yang mengandung klorin memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena kanker kandung kemih, dubur ataupun usus besar. Sedangkan bagi wanita hamil dapat menyebabkan melahirkan bayi cacat dengan kelainan otak atau urat saraf tulang belakang, berat bayi lahir rendah, prematur bahkan dapat mengalami keguguran kandungan. Selain itu pada hasil studi efek klorin pada binatang ditemukan pula kemungkinan kerusakan ginjal dan hati.

Kaporit dalam Air Hangat
Fakta yang mengejutkan adalah bahwa efek negatif kaporit terhadap tubuh manusia sebanyak 70% bukan masuk melalui air yang diminum, melainkan dari uap klor (kloroform) dalam kaporit yang terhirup saat mandi, ditambah dengan penyerapan kaporit melalui kulit. Hal ini terutama saat mandi dengan air hangat.
Selain meningkatkan jumlah kaporit yang menguap, air hangat juga membuka pori-pori kulit. Dengan demikian kaporit terhirup dan terserap kulit dan langsung masuk ke pembuluh darah.
Penelitian di AS menunjukkan jumlah klor dalam kaporit yang masuk ke dalam tubuh dalam satu kali mandi air hangat setara dengan jumlah klor yang dapat masuk melalui air minum sebanyak 2 liter/harinya.


4 komentar:

  1. Terima kasih atas postingannya yang bermanfaat.Kami jadi tau lebih banyak tentang bahaya dari kaporit untuk kesehatan.Semoga sehat dan semangat terus agar bisa memposting artikel-artikel yang berhubungan dengan kesehatan.Salam dari kami www.properti99.com Situs Jual Beli Sewa Properti

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  3. thx infonya, salam dari kami http://sablonerd.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama pak heinzeke Sukses slalu dg.sablonerd.blogspot.com nya.

      Hapus