JAMU GENDONG

 

Bahan Baku

Ada delapan yaitu;

- Beras kencur

- Cabe puyeng

- Kudu Laos

- Kunci suruh

- Uyup-uyup/gepyokan

- Kunir asam

= Pahitan

- Sinom

Beras Kencur

Jamu beras kencur dikatakan oleh sebagian penjual jamu sebagai jamu yang dapat menghilangkan pegal-pegal pada tubuh.

Dalam pembuatannya dasar pokok yang selalu dipakai beras dan kencur. Bahan-bahan lain yang biasa dicampurkan kedalam jamu beras kencur adalah biji kedawung, rimpang jahe,biji kapulogo, buah asam, kunci, kayu keningar,kunir, jeruk nipis. dan buah pala.

Cabe Puyang

Jamu ini juga dikatakan jamu pegal linu, terutama pegal-pegal di pinggang. Juga dapat menghilangkan kesemutan, keluhan badan panas dingin/demam. Dikatakan baik diminum oleh ibu yang sedang hamil tua.

Bahan dasar adalah cabe jamu dan puyang. Tambahan bahan lain antara lain ; temu ireng, temulawak, jahe, kudu, adas, pulosari, kunir, merica, kedawung, keningar, buah asam.

Kudu Laos

Jamu ini dikatakan untuk menurunkan tekanan darah., melancarkan peredaran darah, menghangatkan badan, melancarakan haid.

Bahan baku jamu kudu laos adalah buah mengkudu masak ditambah rimpang laos dan biasanya ditambahkan buah asam masak(asam kawak). Sedangkan bahan tambahan lain adalah merica, bawang putih, kedawung, jeruk nipis, bahkan ada yang menambahkan tape singkong.

Kunci Suruh

Jamu kunci suruh dimanfaatkan oleh wanita, terutama ibu-ibu untuk mengobati keluhan keputihan (fluor albus).

Sedangkan manfaat lain yaitu untuk merapatkan bagian intim wanita (vagina), menghilangkan bau badan, mengecilkan rahim dan perut, serta dikatakan dapat menguatkan gigi. Bahan baku nya yaitu rimpang dan daun sirih.

Uyup-uyup / Gepyokan

Jamu ini digunakan untuk meningkatkan produksi air susu ibu pada ibu yang sedang menyusui.

Bahan baku umumnya menggunakan bahan empon-empon yang terdiri dari kencur, jahe, bangle, laos, kunir, temulawak, puyang dan temugiring.

Kunir Asam

Jamu ini biasa digunakan untuk melancarkan haid, penyakita lambung dan juga untuk asma/batuk

Bahan baku nya adalah kunyit/biang kunyit dan asam jawa.

Pahitan

Jamu pahitan dimanfaatkan untuk berbagai masalah kesehatan, namun utamanya adalah untuk gatal-gatal dan kencing manis. juga bisa sebagai cuci darah, kurang napsu makan, menghilang bau badan, menurunkan kolesterol, perut kembung, jerawat dan pusing.

Bahan baku  dasar adalah sambiloto. Ada juga yang menambahkan brotowali, widoro laut, doro putih, dan babakan pule.

Sinom

Bahan baku sinom adalah daun asam muda.

Beberapa penjual jamu tidak menambahkan sinom, tetapi dengan cara mengencerkan jamu kunir asam dengan mengurangi jumlah bahan baku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar