VERTIGO

Vertigo adalah Keadaan dimana seseorang merasa dirinya/ ruangan disekitarnya seolah berputar, semacam ilusi.
Vertigo juga adalah gangguan yang terjadi karena keseimbangan tubuh terganggu antara lain karena kurangnya Oksigen(O2) ke otak atau adanya gangguan saraf antara Telinga dengan kepala (otak).
Penyebab Vertigo
  1. Gangguan Telinga bagian dalam, ketika bangun tidur dan berdiri dengan cepat.
  2. Penyakit sistem Saraf Pusat, multiple sclerosis, stroke tumor
  3. Migran, mempengaruhi penglihatan.
  4. Peradangan / Infeksi, pilek/flu yang mempengaruhi kinerja telinga bagian dalam.
  5. Gangguan Penglihatan, mengakibatkan gangguan keseimbangan.
  6. Penyakit Meniere, mengakibatkan telinga bagian dalam mempunyai banyak cairan & mempengaruhi keseimbangan.
  7. Tumor Sudut Cerebellar Pontine, sistem vestibular untuk terus mengakomodasi perubahan yang terjadi.
  8. Mabuk, bepergian jauh.
  9. Posisi Tidur, bantal kepala yang terlalu rendah/ tinggi.
  10. Faktor lain, alkohol, terhisap zat kimia, dalam ruangan tertutup panas.
  11. Banyaknya penumpukan protein hewani di otak kecil
  12. Terlalu sering membersihkan telinga baik dengan cotton buds ataupun yang lainnya.
  13. Suka begadang (kurang tidur malam).
Vertigo bisa disebabkan juga oleh Virus, aliran darah ke otak, trauma kepala, iskemi sementara. Vertigo bukan penyakit, tapi gejala penyakit. Berlangsung bisa hanya beberapa saat atau beberapa jam, bahkan harian. Vertigo sering kali dianggap sakit kepala. Kalau istilah awam, vertigo itu pusing, dan pusing pun dianggap sakit kepala, padahal bukan. Sakit kepala itu seperti migran. Vertigo ini hanya sensasi gerak, sementara sakit kepala itu seperti ditekan.

Jenis Penyakit Vertigo
  1. Vertigo Sentral, pada otak sentral kita. Gejalanya ; sulit menelan makanan, adanya kelumpuhan oto-otot wajah, gangguan kesadaran, merasa mual-mual & muntah, hilangnya koordinasi, tubuh terasa lemas, penglihatan pada benda menjadi berganda, merasa sakit kepala yang amat parah, kesemutan di daerah bibir, bicara pelo. Disini justru lebih berbahaya yang sensasi berputarnya pelan. Perlu diwaspadai karena vertigo ini bisa menunjukkan gejala stroke, gangguan infeksi, ataupun tumor. Padahal disini keluhannya relatif lebih ringan dibanding vertigo peripheral yang sensasi berputarnya hebat.
  2. Vertigo Peripheral, terjadi gangguan pada sistem pendengaran, tepatnya bagian saluran kanalis semisirkularis yang memiliki fungsi untuk mengontrol keseimbangan tubuh. Gejalanya ; merasa tubuh lelah, stamina turun, kehilangan keseimbangan, sulit berkonsentrasi, mual & muntah, sensitif terhadap cahaya & suara, pandangan yang menjadi gelap.Mual & muntah terjadi disebabkan terjadinya sensasi berputar hebat namun singkat. Faktor kelelahanlah yang menyebabkan sesuatu yang lepas di pusat keseimbangan. Vertigo peripheral ini bisa berulang dan karena gejalanya hebat sekali, orang kira ada sesuatu di otaknya, padahal tidak ada apa apa. Vertigo peripheral ini bisa berlangsung berminggu-minggu, terutama jika penyebabnya adalah infeksi. Ada juga yang dalam hitungan menit sudah hilang dan biasanya dipicu oleh faktor posisional sewaktu tidur dikenal dengan nama Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV). Tapi ini justru lebih aman dari jenis vertigo lain.
  3. Vertigo Non Vestibuler, Pasien sulit mendeskripsikan gejala-gejala yang dialaminya. Terjadi karena system regulator keseimbangan & system saraf. Gejala ; pusing, kepala kosong & mata gelap.
  4. Vertigo Vestibuler, menyerang organ vestibuler/ saraf vestibulerkoklear, sehingga merasa benda-benda yang ada disekelilingnya menjadi naik turun layaknya naik kapal laut.
Diagnosis penyakit vertigo dimulai dengan tanda vital dilanjutkan neorologis dan neorotologi, serta nistagmus.
Pada terapi vertigo sifatnya simptomatik, dokter bisa memberikan calsium channel blocher, histaminie dalam hal ini betahistine.
Latihan vestibular yang dapat dilakukan ; 
Berdiri tegak, buka tutup mata, gerak kepala berputar, gerak wajah atas bawah, gerak kepala miring, melatih gerakan bola mata.

Pantangan Vertigo ;
  • Semua jenis daging, kecuali ikan air tawar
  • Masakan yang digoreng
  • Makanan yang mengandung santan kental.
  • Nasi yang dicampur seperti nasi uduk, nasi goreng
  • Bermacam kue dan selai
  • Bermacam jenis jeroan
  • Memasak pakai bumbu masak
  • Bermacam telur
  • Durian, nangka, jengkol
  • Es dan alkohol
Pengobatan Penyakit Vertigo
  1. Bunga Matahari + jahe + telur ayam dan air putih untuk merebus. Minum 2 x sehari.
  2. Segenggam Daun Melati + 10 buah Bunga Melati, direndam dalam air dan air rendamannya untuk mengompres penderita vertigo.
  3. Iris Rimpang Temulawak dan rebus 4 gelas jadi 3 gelas dan minum.
  4. 3/4 cangkir Teh kental + 1 sendok makan Jeruk Nipis + 1 sendok makan Madu. Campurkan ketiga bahan dan minumkan 3x sehari.
  5. Beras Merah mentah dimakan 5 butir + biji Teratai di kukus 3 biji+ Ubi Ungu di kukus 1 - 2 buah. Semuanya dimakan tiap hari. 
Perasaan berputar yang terjadi ada 2 macam, yaitu orang tersebut yang merasakan dirinya berputar (vertigo subjektif) atau merasa lingkungan di sekitarnya yang berputar mengelilinginya (vertigo objektif).
Vertigo dapat disembuhkan dengan menggunakan beberapa obat khusus seperti dimenhydrinase, diazepam, lorazepam, meclizine, scopolamine. Penggunaan obat-obat ini harus dengan resep dokter.

Melakukan gerakan berulang di posisi yang sama bisa mengurangi efek vertigo
Jangan panik saat vertigo menyerang. Yang perlu anda lakukan adalah beristirahat dan tunggu beberapa saat. Setelah itu gerakkan kepala anda agar otak bisa cepat melakukan kompensasi. Hal ini tidak akan terjadi jika anda terus berada dalam posisi diam. 
Kalau diam saja, otak kita tidak bekerja untuk mengompensasinya dan mengurangi sensasi berputar. Jadi anda justru harus banyak bergerak dan membuka mata dengan melihat ke satu titik atau satu arah agar sensasi berputarnya lebih cepat hilang. Kalau mata ditutup, sensasinya akan lebih hebat dan lama. Tapi pada umumnya pasien tidak berani membuka mata karena bagi mereka hal itu akan terasa seram sekali.
Saat muncul serangan vertigo, lebih baik diam dahulu. Biasanya serangan akan berlangsung beberapa detik lalu reda. Setelah beberapa detik, mulailah gerakkan kepala anda. Bisa saja gejala tersebut muncul lagi, tapi berlangsungnya tidak lama. Biasanya melakukan gerakan berulang di posisi yang sama akan mengurangi efek vertigo. Misalnya, kita menengok ke kanan muncul sensasi berputar, menengok ke kanan lagi muncul lagi, nanti setelah beberapa kali menengok ke kanan tidak akan muncul. Supaya zat yang menyumbat segera hilang dari kanalnya.
Jadi selain obat, ada juga latihan untuk membuat fungsi keseimbangan beradaptasi. Lain halnya dengan vertigo vestibuler sentral yang biasanya lebih bersifat menetap dan butuh penanganan khusus.
Yang jadi masalah bagi pasien yang baru pernah mengalami vertigo adalah bahwa setiap kali goyang, dia kira bahwa sensasi berputar itu datang lagi. Karena itu kalau pasien datang dengan keluhan vertigo, doker harus memastikan sekarang ini yang dirasakan keluhannya apa, demi menentukan jenis terapi yang tepat. Bagi yabg pertama kali mengalami vertigo agar sebaiknya menemui dokter. Selain spesialis saraf, anda bisa mendatangi dokter THT. Pastikan dokter tersebut memang mendalami soal vertigo, Jika tidak, informasi dan terapi yang disampaikan bisa keliru.

Menu alami untuk menurunkan gejala vertigo tanpa efek samping :
Bayam, bawang putih, paprika, jahe, ikan air tawar, putih telur, mengkudu, pisang, aneka buah citrus (lemon, jeruk nipis, anggur, dll), alpukat, 

Cara sederhana dan jitu untuk cepat mengurangi pusing karena vertigo :

  1. Tidur dan pejamkan mata
  2. Kepala jangan bergerak
  3. Pijat daun telinga kiri - kanan sampai rasa sakit hilang
  4. Tarik daun telinga secara horizontal, ulangi beberapa kali sampai rasa sakit hilang
  5. Tarik napas dalam2 dan keluarkan pelan2, lakukan beberapa kali.
  6. pijatan di telinga bisa dilakukan berulang sampai rasa sakit hilang sama sekali
  7. Perbaiki pola hidup dengan istirahat yang cukup
  8. Disarankan tidur malam sebelum jam 22.00
Terapi Senam Vertigo :

  • Berdiri tegak, buka mata dan kemudian tutup, lakukan 5x
  • Gerakan kepala berputar. Pasang dagu ke dada, putar kepala ke kiri dan ke kanan, lakukan 3x
  • Gerakan wajah menghadap ke atas, lalu turun dengan perlahan-lahan sampai menghadap ke bawah. Kemudian naik lagi menghadap ke atas perlahan-lahan. lakukan 3x
  • Melatih gerakan kepala miring yaitu dengan mencoba untuk tetap telinga bagian kiri ke bahu kiri. Tahan sampai 15 detik, kemudian lakukan pada telinga sebaliknya. Ulangi masing2 tiga kali
  • Duduk dengan posisi punggung lurus dan mata terbuka, lalu berdiri. Pada saat berdiri, tutup mata dan ulangi 3x
  • Melatih gerakan bola mata ke kanan dan ke kiri secara horizontal dengan mata terbuka. Masing2 tiga kali
  • Kemudian lanjutkan dengan menggerakkan bola mata ke atas dan ke bawah secara vertikal. Ulangi masing-masing 3x
  • Lakukan praktek otot mata dengan mengikuti kemana arah objek yang bergerak, fokuskan mata pada objek stasioner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar