THERAPY MEDITASI GELOMBANG CINTA KASIH

Disebut juga dengan Self Hypnosis Deeptrance Relaxation.

Kehidupan Modern yang penuh dengan Masalah
Kehidupan sehari-hari kita tentu tak bisa lepas dari salah satu masalah berikut ini :
  1. Tekanan kerja berat untuk mengejar target.
  2. Persaingan bisnis dan berhadapan dengan orang yang sulit
  3. Radiasi peralatan teknologi (Hp, komputer, TV, dll)
  4. Pemanasan global yang salah satu dampaknya yaitu perubahan cuaca yang tak teratur.
  5. Pola makan dan pola hidup tak teratur.
Tanpa disadari masalah tersebut menyebabkan akumulasi energi buruk dalam jumlah banyak yang melekat di badan, pikiran, dan hati. Semua itu secara perlahan merusak sistem tubuh manusia yang diawali dengan kondisi seperti berikut ini :
  1. Mudah cemas, gelisah dan tingkat emosi yang labil.
  2. Sulit tidur dan merasa kurang tidur.
  3. Mudah capek, lesu, kurang bergairah dan mudah sakit.
  4. Sulit berkonsentrasi, mudah lupa dan sering merasa 'blank'
  5. Produktivitas kerja menurun.
Sebagai manusia yang setiap hari harus bekerja, kita sangat sulit menghindari kondisi-kondisi seperti yang diuraikan diatas. Pepatah bijak mengatakan "Kita tak mungkin melapisi seluruh jalanan dengan alas (karpet}, tetapi kita bisa melapisi kaki kita dengan alas agar tidak terluka". Seperti pakaian dan tubuh kotor yang perlu dibersihkan tiap hari, kita juga perlu membersihkan diri dari sampah-sampah energi buruk dengan Latihan Meditasi.

Apa itu Meditasi
Meditasi adalah sebuah aktivitas untuk memusatkan perhatian pada objek tertentu. Dalam hal ini yang menjadi objek latihan adalah Nafas, Sensasi tubuh, dan Cinta kasih.Dengan latihan yang terarah akan muncul ketenangan, konsentrasi, kesadaran, kebijaksanaan dan penyembuhan diri.
Meditasi juga adalah kegiatan untuk memasuki alam bawah sadar kita. Pada saat kita menyelami pikiran bawah sadar kita mengalami proses peningkatan kesadaran. Semakin dalam menyelam melalui alpha, tetha, delta, dan seterusnya, kita akan bisa mencapai puncak kehidupan spiritual. Disitu kita bisa menemukan tujuan hidup kita yang sebenarnya.

Banyak penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa meditasi baik untuk memberikan ketenangan pikiran. Dari segi kesehatan, meditasi membantu menurunkan tekanan darah, menormalkan detak jantung, menjaga kestabilan hormon stress ( adrenalin dan kortisol).

Manfaat Meditasi
  1. Mampu melepaskan ketegangan serta tidak mudah stress/putus asa (dg.meditasi kita akan terbiasa melakukan self management. Mengumpulkan segala permasalahan. Melihat prioritas dari masalah dan menyelesaikan masalah sesuai dengan tenaga dan waktu yang ada).
  2. Meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian dalam menghadapi pelbagai masalah ( Dengan meditasi  model tertentu dengan bantuan objek lilin akan sangat membantu kepercayaan diri).
  3. Memupuk pikiran untuk berpikir secara positif (Dengan meditasi kita akan selalu berpikiran secara baik. Memandang segala sesuatu baik yang benar ataupun salah melalui sudut pandang yang positif).
  4. Menguatkan daya ingat (Meditasi mengajarkan untuk melatih konsentrasi sehingga daya tangkap otak akan meningkat dari sebelumnya).
  5. Mengaktifkan daya penyembuh tubuh.
  6. Melancarkan aliran energi tubuh.
  7. Melembutkan hati, membuka pintu Rejeki.
  8. Berdamai dengan diri sendiri.
  9. Tampil Penuh Energi sepanjang hari.
  10. Mampu energi cinta kasih ke sesama.
  11. Mampu memproteksi diri dari vibrasi energi buruk.
Dengan memahami keterkaitan antara pikiran & tubuh atau energi & materi, maka keterkaitan antara cinta, kasih sayang dan kesehatan akan dapat dipahami. Kemudian bukan sekedar dipahami saja tapi juga dijalani.
Orang yang sedang jatuh cinta, dalam konteks romantis, terbukti memiliki kadar laktat yang lebih rendah dalam darah mereka, sehingga membuat mereka tidak mudah lelah, dan memiliki kadar endorfin yang lebih tinggi, yang membuat mereka merasa bergembira dan tidak mudah merasa sakit. Sel-sel darah putihnya pun tanggapannya lebih baik apabila dihadapkan pada infeksi, sehingga mereka tidak mudah terserang flu.

Kita juga mengetahui bahwa bayi yang tidak menerima kasih sayang akan merana dan menurun drastis kesehatannya, meskipun kondisi kebersihan dan gizinya sangat bagus. Alasannya telah ditemukan oleh Dr.Christopher Coe dari Stanford, yang membuktikan bahwa pemisahan bayi monyet dari induknya telah menekan sistem kekebalan bayi tersebut.
Film dokumenter cinta kasih tentang pekerjaan Ibu Theresa menghasilkan lonjakan tajam imunoglobin. Namun pengaruh tersebut tidak ada kaitannya dengan kesukaan atau ketidaksukaan secara sadar terhadap Ibu Theresa, sehingga menunjukkan pengaruh pada tahap tak sadar. Meskipun perbaikan itu berlangsung kurang dari 1 jam, perbaikan tersebut dapat diperpanjang dengan menyuruh mereka berpikir tentang saat-saat dalam kehidupannya ketika disayangi seseorang.

Tata Cara Meditasi (Love Healing Touch)
  1. Silahkan ambil posisi yang paling nyaman untuk anda. bisa  sambil duduk ataupun berbaring.
  2. Tutup mata dan izinkan tubuh relax.
  3. Tarik nafas dengan perlahan dan hembuskan dengan perlahan, lakukan senyaman mungkin. Dan niatkan serta izinkan diri anda, semakin lama semakin merasa nyaman dan santai. Tersenyumlah ....
  4. Niatkan untuk memohon kesembuhan dan pemulihan diri pada Tuhan, atas apapun masalah anda. Berdoalah sesuai dengan cara yang paling nyaman dan pas menurut anda sendiri.
  5. Kemudian izinkan Cahaya Ilahi meresap ke dalam diri anda, mulai dari ubun-ubun diatas kepala anda, lalu sebarkan ke seluruh tubuh anda. Ulangi 3 kali.
  6. Kemudian di dalam ruang mata batin (layar mental) anda, hadirkan satu persatu orang-orang yang menurut anda telah bersalah atau menyakiti hati anda. Kemudian ucapkan affirmasi berikut ini ke setiap orang yang anda hadirkan satu persatu :
  7. "Saya memaafkan anda dengan tulus dan sepenuh hati. Saya membebaskan dan melepaskan semua ikatan energi negatif antara diri saya dan anda. Mulai saat ini, apa yang pernah terjadi di antara kita, beserta semua muatan emosi negatifnya, selesai sampai di sini. Saya mendoakan semoga anda hidup bahagia dan damai. Sekarang saya telah bebas, anda juga bebas, dan semua menjadi damai antara kita. Semoga anda hidup bahagia dan damai "
  8. Affirmasi Kunci. Setelah affirmasi diatas, kunci affirmasinya dengan : I AM SORRY, PLEASE FORGIVE ME, I LOVE YOU, THANK YOU.  ucapkan sebanyak 5 kali. yang bermakna sebagai berikut : Saya menyesal dengan kesalah fahaman, keretakan hubungan, permusuhan, serta permasalahan diantara kita. Saya minta maaf, karena saya telah turut mengambil bagian atas terjadinya hal itu. Sesungguhnya saya sangat mengasihimu. Terimakasih.
  9. Setelah di rasa cukup, biasanya ditandai dengan helaan nafas lega. Maka akhiri sesi meditasi anda.
  10. Ucapkan Affirmasi Kunci. kapan saja dan di mana saja. Khususnya saat diri kita merasa dipenuhi oleh Rasa bersalah, Rasa dendam, Benci, Rasa permusuhan, dll ... terhadap orang lain.
Berapa kali meditasi dan Affirmasi ini perlu di ucapkan ?
Bergantung pada masing-masing orang. Ada yang melakukan satu kali, dua kali, tiga kali atau berkali-kali. Yang penting adalah setelah selesai mengucapkan affirmasi pikiran dan perasaan kita tenang dan damai. Bila selanjutnya kita membayangkan wajah orang yang pernah menyakiti kita dan sudah tidak ada lagi perasaan negatif, maka saat itu berarti kita telah berhasil memaafkan orang itu.

5 Cara menebar Cinta Kasih
  1. Kopi dan teh hangat disuguhkan ke orang-orang yang anda cintai
  2. Kirim pesan yang tak terduga.
  3. Berikan pujian.
  4. Berikan bunga.
  5. Lakukan hal-hal baik.
Dr.Gary Chapman dalam bukunya "Five Love Languages" mengemukan 5 cara mengekspresikan dan mengalami cinta melalui "bahasa cinta" yaitu : Kata-kata peneguhan (words of affirmation), Saat-saat yang mengesankan (quality time), Memberi pelayanan (acts of service), Memberi/ menerima hadiah (giving/ receiving gifts), dan Sentuhan fisik (psycical touch).Setelah menerapkan nya dalam komunikasi anda, relasi anda pasti bertambah baik.

Forgive & Love Again (Mengampuni dan Mencintai kembali)
" Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Allah mu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Allah mu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu".

Handout Seminar Nice Weekend Pasutri
Bagaimana mencari bahasa utama permintaan maaf kita terhadap masalah ini:
  1. Pasangan anda lupa hari ini Hari Ulang tahun Perkawinan (HUP) anda
  2. Pasangan anda tahu bahwa untuk membeli barang diatas jumlah tertentu harus persetujuan bersama atau dibicarakan lebih dahulu, tetapi dilanggarnya.
  3. Anda sedang mengalami masa sulit, anda membutuhkan bantuan pasangan, namun pasangan anda mengabaikan kebutuhan anda.
  4. Pasangan anda telah memberikan komentar dimuka teman2 tentang pendapat anda yang menyinggung perasaan anda.
  5. Pasangan anda marah kepada anda dan berteriak sementara anda sepertinya tidak melakukan kesalahan apapun.
  6. Anda senang dan bangga atas prestasi anda. Banyak teman memuji anda. Tetapi pasangan anda cuek saja, seolah-olah hal itu tidak penting.
  7. Pasangan anda tidak berunding lebih dulu dengan anda saat meminjamkan uang kepada adiknya.
  8. Pasangan anda tanpa sengaja telah mengolok-olok anda dan membuat anda malu didepan teman-teman anda.
  9. Anda sedang berusaha mengatakan sesuatu yang penting pada pasangan anda dan ia menunjukkan sika yang tidak tertarik.
  10. Pasangan anda sadar telah melakukan kesalahan yang membuat konflik antara anda berdua.
  11. Meskipun anda telah mengekspresikan kegusaran anda melalui sikap tertentu diwaktu sebelumnya, namun pasangan anda terus menerus melakukan perilaku yang tidak menyenangkan itu.
  12. Pasangan anda mendiamkan anda sebagai satu cara untuk membuat anda merasa bersalah tentang sesuatu yang anda berdua tidak sepakati.
  13. Pasangan anda melanggar janji untuk satu acara sehingga anda sia-sia telah mengorbankan satu acara lain yang sebenarnya penting untuk anda.
  14. Pasangan anda minta anda pergi sendiri ke mal dan berjanji akan menjemput anda pada jam tertentu, tetapi dia tidak muncul dan tidak bisa dihubungi, akhirnya anda pulang naik taksi.
  15. Pasangan anda memecahkan kristal kesayangan anda.
  16. Pasangan anda menyalahkan anda dan minta anda bertanggung jawab atas kegagalan satu rencana, padahal rencana ini diputuskan bersama.
  17. Walaupun sudah sepakat untuk merahasiakan nya tetapi pasangan anda telah merusak kepercayaan ini dengan tanpa sadar menceritakan rahasia tersebut pada teman-teman kelompok.
  18. Pasangan anda telah berbicara negatif mengenai anda kepada teman-teman di komunitas dan anda sangat tersinggung.
  19. Walaupun sudah banyak prestasi positif yang anda lakukan, pasangan anda masih juga sering mengkritik hasil kerja anda dan itu membuat anda terluka.
  20. Saat makan siang disatu restoran, pasangan anda tanpa sengaja menjatuhkan gelas sehingga membasahi baju anda.
Jawaban Permintaan Maafnya bisa lebih dari satu (disini dikasih contoh 2):
  1. "Aku tidak percaya aku bisa lupa. Engkau dan pernikahan kita sangatlah penting bagiku. Aku sangat menyesal ".  "Aku tahu kau terluka, tetapi dapatkah kau memaafkan aku".
  2. "Aku takkan mengabaikan perasaan-perasaanmu dimasa mendatang".  "Aku tahu bagaimana perasaanmu, namun aku tetap bertindak bertentangan dengan kesepakatan kita. Aku sangat menyesal".
  3. "Aku menyesal, sepertinya aku mengabaikan kamu. Apa yang dapat kulakukan untuk memperbaiki relasi kita?".   "Seharusnya aku ada disana untukmu. Aku sangat menyesal telah membuatmu kecewa".
  4. "Walaupun aku mungkin masih mengatakan hal-hal yang salah dimasa mendatang, apa yang telah kupelajari dari pengalaman ini akan membantuku untuk tidak menyakitimu dengan komentar-komentarku yang tidak peka".   "Aku sungguh tidak berpikir panjang. aku menyesal. Sehandainya aku lebih memperhatikan perasaanmu".
  5. "Aku benar-benar menyesal berteriak padamu. Kuharap kau mau maafkan aku".  "Aku sedang marah, tetapi aku tidak mempunyai hak untuk berbicara seperti itu kepadamu. Kamu tidak pantas menerimanya".
  6. "Kau butuh aku untuk membagikan kegembiraanmu itu, dan aku mengecewakanmu. Aku menyesal karena tidak merespons dengan cara yang lebih pantas."   "Aku telah merusak kegembiraanmu dengan tidak turut senang bersamamu. Aku dapat memberikan alasan-alasan, tetapi sungguh aku tidak mempunyai alasan yang bagus untuk mengabaikan prestasimu."
  7. "Aku benar-benar sudah membuat kacau kali ini. Aku salah karena tidak melibatkanmu dalam keputusan ini. Kamu punya hak untuk marah kepadaku."   "Dimasa mendatang, aku berencana untuk berkonsultasi denganmu apapun yang terjadi. Aku tidak akan mengabaikanmu lagi dalam mengambil keputusan."
  8. "Aku sangat menyesal telah mempermalukanmu. Seandainya saja aku dapat mengulang waktu dan mengucapkan sesuatu yang lebih pantas."   "Aku sungguh tidak berpengertian. Kukira aku lucu, tetapi nyatanya, menyakitimu seperti itu tidaklah lucu."
  9. "Aku salah kali ini, tetapi dimasa mendatang, aku berjanji akan memberi perhatian penuh padamu ketika kamu mempunyai suatu yang penting untuk diceritakan."    "Aku menyesal karena tidak mendengarkanmu. Kau tidak harus memaafkanku, tetapi aku harap kau mau melakukannya."
  10. "Aku gusar dengan diriku sendiri karena caraku menangani perbedaan pendapat diantar kita. Perilakuku mengancam relasi kita, dan itu menakutkanku. Aku menyesali caraku bertindak."   "Apa yang dapat kulakukan untuk memulihkan hubungan kita? Rasanya aku perlu melakukan atau mengatakan sesuatu untuk mengembalikan penghargaanku padamu."
  11. "Baiklah aku mengakuinya, aku tak bermaksud membuatmu gusar, dan itu bukanlah hal yang menyenangkan ataupun adil. Aku perlu bertindak lebih dewasa."    "Aku sudah melakukan kebiasaan yaitu mengabaikan keinginanmu, dan aku tidak mau melanjutkannya. Mulai dari sekarang, aku akan berusah lebih keras untuk menghargai keinginan-keinginanmu."
  12. "Dimasa mendatang,aku akan lebih jujur tentang perasaanku, tanpa berusaha membuatmu merasa bersalah,karena tidak sependapat denganku."   "Kau adalah orang dewasa, dan aku benar-benar merasa tidak enak karena telah mengendalikan keputusan-keputusanmu. Aku tidak ingin mengambil resiko yang akan merusak hubungan kita."
  13. "Sudah terlalu terlambat untuk melakukan apapun sekarang, tetapi aku sangat ingin menghindari berbuat kesalahan yang sama dikemudian hari. Mari kita membicarakan apa yang dapat kulakukan lebih baik di masa depan supaya aku selalu menetapi janji-janjiku."   "Aku sangat menyesal. Aku sudah berjanji untuk melakukan apa yang harus kulakukan, dan aku bukan saja telah mengecewakanmu, namun juga membuatmu mengorbankan satu acara yang sangat penting demi aku."
  14. "Aku sangat menyesal telah membuatmu menunggu. Kau sangat penting bagiku dan seharusnya aku menghargaimu dan waktumu dengan memenuhi janjiku."  "Kau berdiri disana menungguku, mengira aku akan segera muncul dan aku telah mengecewakanmu. Seandainya aku dapat mengatur waktuku dengan cara yang berbeda, aku tentu dapat hadir disana. Itu kesalahanku sepenuhnya."
  15. "Aku tahu ini adalah salah satu benda berharga milikmu, aku menyesal dan merasa tidak enak dengan apa yang telah terjadi."   "Aku berjanji akan lebih berhati-hati terhadap barang-barang berharga kesayanganmu dimasa mendatang."
  16. "Aku tak percaya aku bisa menyalahkanmu seperti itu. Aku benar-benar malu dengan perilakuku dan aku menyesal."   "Kegagalan rencana ini karena kesalahan kita berdua. Seharusnya aku juga mengakui kelemahanku dan tidak hanya menyalahkanmu."
  17. "Aku berkata akan merahasiakannya dan aku melanggar janji dan telah merusak kepercayaanmu. Aku melakukan kesalahan besar."   "Mungkin kau butuh waktu untuk membangun kembali kepercayaanmu padaku, tetapi aku akan bekerja keras mulai dari sekarang untuk membuktikan bahwa aku pantas untuk dipercaya."
  18. "Jika suatu ketika aku kembali gusar kepadamu, aku janji untuk berpikir panjang dan langsung mendatangimu dengan cara yang baik."   "Aku berperilaku buruk dan tidak sekalipun memikirkan kebaikan hatimu selama ini. Seharusnya aku berpikir lebih panjang tentang apa yang akan kukatakan."
  19. "Aku sangat menyesal karena telah berfokus pada kekurangan-kekurangan kecil dari hasil kerjamu.Aku menyesal karena tidak memberimu dorongan semangat yang lebih besar."  "Aku mengabaikan pujian untuk begitu banyak kelebihan dari hasil kerjamu, dan ini mungkin membuatmu merasa sia-sia telah mengupayakan semua ini. Sebagai pasanganmu seharusnya aku lebih banyak memberikan pujian atas semua pekerjaan baik yang telah kau hasilkan."
  20. "Aku sangat menyesal. Aku merasa tidak enak telah membuat bajumu kotor dan membuatmu tidak nyaman."  " Ini merupakan suatu pelajaran penting bagiku. Pasti aku akan lebih berhati-hati dimasa mendatang saat meja makan penuh makanan dan minuman."
"PUNCAK PERMOHONAN/ PERMINTAAN MAAF ATAS KASUS YANG SANGAT MENYAKITKAN MUNGKIN BISA TEROBATI / TERSENTUH DENGAN PEMBASUHAN KAKI TERHADAP ORANG YANG DISAKITI HATINYA."








2 komentar: