SAKIT PINGGANG

Pada umumnya keluhan sakit pinggang erat hubungan nya dengan susunan dan fungsi tulang belakang. Tulang belakang tersusun oleh beberapa ruas yang membentuk kesatuan fungsi dan gerakan yang diinginkan seperti berdiri, duduk, jongkok, membungkuk, memutar, atau miring. Deretan tulang belakang tersebut membentuk lengkungan ke depan pada daerah leher dan diantara tulang belakang yang satu dengan yang lainnya terdapat persendian sehingga memungkinkan gerakan berputar ke kanan dan ke kiri.

Diantara bagian-bagian dari unit fungsional tersebut, semuanya mempunyai persarafan yang dapat mengantar rangsangan nyeri. Segala proses yang menyebabkan tarikan, robekan, atau tekanan pada bagian tersebut akan menyebabkan nyeri pinggang. Demikian pula adanya proses peradangan pada bagian-bagian tersebut, dapat menimbulkan gejala sakit pinggang. Nyeri dan kaku pada pinggang pada pagi hari yang dirasakan selama bertahun-tahun lama kelamaan akan merambat keatas tulang belakang yang dapat pula berakibat punggung menjadi lebih kaku dan punggung menjadi bungkuk.

Penyebab Sakit Pinggang antara lain :
  1. Adanya gangguan mekanik pada struktur dan kesatuan fungsi tulang belakang.
  2. Gerak atau sikap badan yang salah saat membungkuk dan mengangkat beban atau barang.
  3. Pemakaian sepatu dengan tumit tinggi, karena dalam keadaan normal tulang belakang daerah pinggang mempunyai lengkungan ke depan. Bila lengkungan kedepan tersebut berlebih akan menimbulkan gejala sakit pinggang.
  4. Tidur dengan alas/dasar yang terlalu lentur sehingga membuat tulang belakang mengikuti lenturan alas yang ditiduri.
  5. Kurang berolah raga sehingga menyebabkan kelenturan sendi-sendi dan jaringan ikut menurun, sehingga otot mudah cedera karena gerakan yang sederhana, seperti mengangkat, mendorong, atau membungkuk.
  6. Keseleo / terkilir, misal mengangkat sesuatu, OR, pergerakan yang tiba-tiba saat jatuh/ kecelakaan.
  7. Osteoarthritis & osteoporosis, yang menyebabkan gangguan pada tulang rawan yang melindungi tulang belakang & pembengkokkan tulang belakang ke salah satu sisi.
  8. Fraktur kompresi, bisa terjadi ketika densiti tulang menurun karena osteoporosis.
  9. Robekan / herniasi diskus
  10. Stenosis tulang pinggang, yaitu penyempitan ruang diantara tulang belakang.
  11. Fibiomyalgia, yaitu gangguan yang ditandai oleh adanya nyeri dan kekakuan meluas pada jaringan lunak, termasuk otot, tendon, dan ligamen.
  12. Namun apapun penyebabnya banyak faktor yang dapat memperburuk terjadinya nyeri punggung antara lain kelelahan, kegemukan, & kurang olahraga.
  13. Kebiasaan duduk lama atau berdiri lama, disebut 'postural back pain'. Kondisi ini sering dialami oleh supir, pilot, masinis kereta api, kapten/operator angkatan laut, penjaga toko, pekerja kantor/bank, dokter, dll.
  14. Kebiasaan mengangkat beban berat.Kondisi ini sering dialami oleh buruh angkut, buruh bangunan, dan lain-lain.
  15. Kehamilan dengan kenaikan berat badan yang berlebihan.
  16. Pasca persalinan, dimana sang ibu harus mengejan sangat kuat saat melahirkan.
  17. Kadar asam urat yang terlalu tinggi. Perbedaannya, sakit punggung yang disebabkan oleh kadar asam urat yang terlalu tinggi tidak menjalar kemanapun.
  18. Hernia Nucleus Pulposus (HNP) yaitu bergesernya inti cakram tulang rawan diantara ruas-ruas tulang belakang ke arah sumsum tulang.
  19. Patah tulang belakang (fractura vertebrae)
  20. Tumor/ keganasan tulang belakang, susum tulang belakang, atau struktur-struktur disekitarnya.

Terdapat berbagai jenis nyeri punggung

  • Nyeri lokal, terjadi pada area tertentu di punggung bagian bawah. Nyeri jenis ini paling sering terjadi. Penyebabnya biasa terkilir / keseleo / cedera.
  • Nyeri yang menjalar, Nyeri ini bersifat tumpul & terasa menjalar dari punggung bawah ke tungkai. Nyeri yang menjalar biasanya menandakan adanya penekanan pada pangkal saraf. Batuk, bersin, mengedan / membungkuk sambil menjaga kaki tetap lurus dapat memicu munculnya nyeri.
  • Referred Pain. Nyeri yang dirasakan pada lokasi yang berbeda dari lokasi penyebab nyeri sebenarnya. Nyeri jenis ini pada punggung bawah cendrung bersifat dalam dan sulit menunjuk lokasi tepat nyerinya.
Diagnosa
  • Pemeriksaan rontgen tulang belakang.
  • Pemeriksaan MRI / CT scan / EMG (pemeriksaan fungsi antaran saraf)
  • Elektromyografi

Sakit pinggang dapat juga disebabkan oleh pengaruh suatu penyakit seperti gangguan ginjal, penyakit jantung,  kanker, penyakit tulang atau gangguan metabolik. Sakit pinggang yang disebabkan oleh penyakit ginjal biasanya karena adanya kelainan pada air kemih. Kelainan tersebut berupa darah dalam air kemih karena kerusakan dinding saluran ginjal akibat luka yang ditimbulkan  oleh batu ginjal.

Untuk mengurangi rasa nyeri dan untuk mencegah akibat yang lebih parah dari sakit pinggang, dihanjurkan penderita melakukan gerak tubuh.  Perhatikan sikap tubuh agar terhindar dari kondisi tubuh yang bungkuk atau lakukan aktivitas berbaring datar atau membungkuk-bungkuk sebentar secara teratur. Hendaknya mengupayakan juga keseimbangan antara istirahat dan kegiatan fisik. Aktivitas harus diperhatikan, tubuh harus mendapat istirahat yang cukup, hal ini mencakup pola hidup yang sehat. termasuk pola makan sehat, pola tidur sehat, dan pola pikir sehat.

Nyeri pada punggung bawah dibagi menjadi 3, yaitu nyeri punggung bawah akut, sub akut, dan kronis.
Pada penderita memasuki tahap akut, tidak usah merasa khawatir karena akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 8 - 12 minggu. 
Sedangkan nyeri punggung sub akut, penderita mengalami nyeri ini selama 6 -12 minggu. Dan untuk jangka waktu yang lama, yaitu lebih dari 12 minggu ini dapat dikatakan sipenderita sudah memasuki tahap kronis dan bisa menimbulkan kecacatan.

Dari segi gejala penyebab Nyeri Punggung Bawah/ Low Back Pain (LBP) dikategorikan dalam 3 kelompok :
1. Nyeri punggung bawah sederhana :

  • Nyeri disepanjang daerah tulang belakang tanpa ada syaraf dibawahnya.
  • Rasa nyeri saat bergerak, rasa nyeri bisa berubah-ubah setiap waktu, tergantung aktivitas fisik yang tengah dilakukan.
  • Kondisi kesehatan pasien umumnya baik.
2. Nyeri punggung bawah dengan gangguan syaraf :

  • Nyeri yang menjalar hingga ke bagian lutut, tungkai sampai kaki.
3. Kegawatan nyeri punggung bawah :

  • Nyeri tanpa pergerakan yang konstan dan progresif.
  • Nyeri di daerah perut atau dada.
  • Adanya trauma berat pada fisik. Contohnya ; kecelakaan kendaraan bermotor.
  • Ada kecurigaan kanker, HIV, atau keadaan lainnya yang dapat menyebabkan kanker.
  • Turunnya berat badan tanpa diketahui penyebabnya.
  • Gejala kencing tertahan.
Tulang punggung bagian bawah berfungsi dalam pergerakan untuk membungkuk/ memutar tubuh. Selain itu juga berperan dalam menyokong tubuh untuk berdiri, berjalan dan mengangkat beban. Punggung bawah berperan dalam hampir seluruh aktifitas tubuh sehari-hari. Oleh karena itu adanya nyeri punggung bawah bisa membatasi banyak kegiatan dan menurunkan kualitas hidup.

Sebagian besar nyeri punggung disebabkan oleh gangguan pada tulang belakang, otot ligamen, atau saraf. Namun biasanya tidak ditemukan penyebab spesifik untuk terjadinya nyeri punggung bawah.

Meredakan Sakit Punggung
Sebanyak 24 tulang belakang (veterbrae) yang terletak di punggung bekerja tanpa henti untuk menyokong berat pada bagian tubuh atas. Di tengah tulang veterbrae tersebut, terdapat tulang belakang (spinal cord). Tulang belakang bertindak bagaikan jaringan telepon dari otak yang membawa pesan ke seluruh bagian tubuh. Diantara setiap tulang belakang ada bantalan yang berfungsi melindungi dengan cara meredam guncangan. Bantalan ini bernama Discs (cakram). Cakram membantu memberi bantalan pada veterbrae sebagai pelindung dari benturan.

Kala sakit punggung belakang menyerang, pasti ada keinginan untuk langsung berbaring dan merebahkan diri. Tetapi para ahli berpendapat, jika sakit punggung belakang menyerang lebih baik meneruskan kegiatan seperti biasa.
Kegiatan yang dilakukan bisa sesederhana berjalan-jalan disekitar rumah atau melakukan kegiatan sehari-hari. Yang paling penting, tetap bergerak. Peregangan dan olahraga secara teratur dapat membantu mempercepat kesembuhan. Olahraga juga memiliki efek jangka panjang yaitu membentuk kekuatan tulang belakang.

Pengobatan

  • Hindari mengangkat benda berat & membungkuk
  • Obat Acetaminophen atau paracetamol untuk sementara
  • Pemijatan
  • Latihan untuk memperkuat dan meregangkan otot punggung
  • Menjaga postur tubuh, tidur dengan alas yang keras dan posisi bantal yang  benar, no smoking, jaga berat badan ideal.
  • Stimulasi saraf secara elektrik melalui kulit.
  • Memperbaiki tulang belakang dengan kiropraktik dan osteopati
  • Akupuntur
  • Tens, terapi listrik yang memberi aliran listrik ringan pada area sakit untuk membantu menghilangkan rasa sakit.
  • Pembedahan bisa dilakukan jika terdapat herniasi diskus hebat, stenosis tulang punggung yang berat atau ketidak stabilan tulang belakang.
Pencegahan

  • Abdominal curls, berbaring telentang dengan lutut tekuk dan kaki menapak lantai, dan kepala diangkat.
  • Knee to chest strectch, baring datar ,letak tangan di belakang salah satu lutut.
  • Sitting leg stretch, duduk di lantai kedua lutut agak sedikit ditekuk
  • Tidur menyamping. Adalah posisi terbaik bagi punggung dan mengecilkan kemungkinan leher kaku.
  • Terus bergerak. Aktifitas seperti renang dan jalan kaki akan membantu meningkatkan kekuatan otot, kelenturan, dan daya tahan.
  • Kontrol berat badan. Tubuh yang kelebihan berat membebani punggung bagian bawah.
  • Berhenti merokok. Merokok dipercaya mempengaruhi pengiriman persediaan darah pada discs (cakram) bagian belakang, yang menyebabkannya lebih rentan terhadap kerusakan.
  • Duduk tegak. Duduk yang malas-malasan atau menunduk dapat menarik otot punggung dan menyebabkan sakit.
Nyeri /sakit punggung yang disebabkan oleh (batu) ginjal mempunyai ciri-ciri:
  • Berlokasi dibagian atas punggung bawah, atau sedikit dibawah perbatasan antara punggung atas dengan punggung bawah.
  • Menjalar ke daerah perut kiri tengah atau perut kanan tengah, sesuai dengan ginjal mana yang sakit.
  • Pada lelaki, jika batu turun mendekati bantong kencing, nyeri menjalar ke buah zakar (testis).
  • (Sering) disertai rasa tegang pada perut ; rasa ingin buang angin tapi susah, rasa ingin buang air besar tapi susah.
  • (Sering) disertai berkeringat dingin dan pucat jika nyeri hebat.
  • Rasa nyeri menetap dan tidak dipengaruhi oleh postur/ sikap tubuh; istirahat ataupun berbaring tidak meredakan rasa nyeri.
  • Dengan / tanpa keluhan kencing, seperti ; tidak bisa kencing, kencing menetes-netes/tersendat-sendat, sebentar-sebentar ingin kencing tapi tidak lancar, kencing berdarah atau berwarna kemerahan.
  • Gagal ginjal juga bisa membuat sering gatal di seluruh tubuh.
Batu saluran kemih (urolithiasis) bisa terdapat di dalam ginjal (disebut nefrolithiasis) di dalam ureter atau saluran antara ginjal dan kantong kemih (disebut ureterolithiasis) dan di dalam kantong kemih (disebut vesicolithiasis).
Penyakit batu saluran kemih cendrung terjadi pada orang yang jarang/kurang minum, kelebihan kadar asam urat untuk jangka waktu lama, & juga terlalu sering minum obat maag golongan antasid.

Nyeri punggung bawah yang melibatkan saraf sumsum tulang belakang/sarat kejepit /Hernia Nucleus Pulposur (HNP) mempunyai ciri-ciri :
  1. Menjalar sesuai dengan arah/ perjalanan saraf yang keluar dari sumsum tulang : bisa melintang dibagian bawah punggung bawah, atau menjalar ke bokong (sciatica), ke paha (ischilagia) atau menjalar dari punggung bawah sampai ke ujung jari-jari kaki (sindrom piriformis).
  2. Bertambah berat/ hebat jika ada beban tekanan terhadap tulang belakang, misalnya saat bersin, batuk, mengejan, atau mengangkat beban, atau saat melompat.
  3. Bertambah berat/ hebat jika lama duduk, lama berdiri, berjalan jauh, membungkuk, bersujud/ rukuk, saat akan berbaring atau saat akan bangun dari posisi berbaring, saat akan jongkok atau saat akan bangun dari posisi jongkok, saat berjalan mendaki atau menapaki anak tangga.
  4. Bertambah / berkurang pada posisi /postur tubuh tertentu, misal jika berbaring terlentang atau jika berdiam diri/ istirahat. Umumnya nyeri berkurang jika beristirahat atau mengambil satu postur/ sikap tubuh tertentu.
  5. Sering disertai rasa kebas atau kesemutan atau rasa panas atau rasa dingin di daerah sakit/ nyeri yang dikeluhkan, sesuai dengan perjalanan saraf atau cabang saraf yang terlibat.
Apa itu HNP?
Hernia Nucleus Pulposus (HNP) atau biasa dikenal masyarakat sebagai 'saraf kejepit', suatu gangguan akibat merembes (menonjol) atau melelehnya (hernia) lapisan atau bantalan permukaan ruas tulang belakang(nucleus pulposus) dari ruang antar ruas tulang (discus intervertebralis).
Tonjolan atau merembesnya HNP tersebut dapat menyebabkan penekanan pada saraf tulang belakang dan saraf tepi (yaitu, saraf yang berasal dari saraf tulang belakang).
Seperti halnya nyeri punggung, HNP paling sering terjadi di daerah punggung bawah atau disebut HNP lumbalis, paling sering (90%) mengenai diskus invertebralis L5-S1 dan L4-L5. HNP di daerang punggung atas sampai leher jarang terjadi hanya sekitar 8% dari seluruh kasus HNP. HNP lumbalis akan membaik dalam waktu kira-kira 6 minggu. Tindakan pembedahan jarang diperlukan kecuali pada keadaan tertentu.

Bagaimana membedakan dengan nyeri punggung oleh penyebab lainnya?
Nyeri oleh karena HNP yang menjepit saraf lebih menggigit, terasa seperti terbakar atau seperti terkena sengatan listrik. Dirasakan menjalar ke bagian bawah dan jika lebih parah lagi akan terasa nyerinya dari belakang paha menyebar ke bagian bawah hingga betis pada satu sisi. Nyeri dapat timbul setiap saat tidak terbatas apakah sedang beraktifitas atau lagi istirahat. Berbeda dengan nyeri akibat gangguan di saluran kemih. Jika hambatan ada di ginjal, nyeri terasa lebih diatas pinggang, penderita merasa sebatas tidak nyaman saja. Kalau hambatan berada didalam saluran bagian bawahnya dapat menimbulkan nyeri kolik. kumat-kumatan, saat parah hingga menimbulkan muntah dan susah melokalisir asal nyeri.

Nyeri karena peradangan organ bagian dalam, akan tersebar ke bagian perut bawah dan bertambah jika disentuh atau ditekan. Waktu munculnya nyeri relatif lebih konstan. Pada tahap yang lebih ringan, bisa juga dibedakan dengan nyeri akibat kekakuan atau hanya pegal-pegal pada otot pinggang.

Apa penyebab terjadinya HNP?
Penyebab HNP ini berbagai macam. Faktor resikonya antara lain adalah merokok, batuk yang terlalu lama, cara duduk yang salah, menyetir terlalu sering, cara mengangkat barang yang salah, dan lain-lain. Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan cakram untuk menjalankan fungsinya juga menurun. Faktor-faktor diatas dapat menyebabkan terjadinya herniasi, yaitu keluarnya suatu organ melalui suatu celah dalam tubuh. HNP dapat dianalogikan seperti terjadinya 'turun berok', tetapi pada daerah tulang belakang. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini bahwa nukleus pulposus tersebut keluar dari dalam bantalan melalui dinding bantalan yang lemah, maka nukleus pulposus masuk ke dalam rongga ruas tulang belakang; keadaan inilah yang disebut hernia nukleus pulpolus (HNP). Tergantung besar kecilnya, HNP dapat menyebabkan penekanan pada saraf tulang belakang saraf tepi.

Cara Alamiah yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit pinggang yaitu :
  1. Jahe merah + temu hitam + akar sawi langit + daun dewa direbus & diminum
  2. Daun dewa + temulawak + daun baru china direbus & diminum 
  3. Angco + sun bo/kiam boi + akar bawang merah + jahe merah direbus & diminum
  4. Buah takokak + rambut jagung + adas direbus & diminum
  5. Jahe merah + bawang putih + bubuk cabe di rendam & air rendaman digosok

1 komentar:

  1. Informasi yang sangat bermanfaat sekali, bisa dijadikan referensi bagi semua pembaca dan penderita sakit pinggang.

    Obat Sakit Pinggang

    BalasHapus