MANFAAT DAUN KARET KEBO (FICUS ROBUSTA)

Daun karet kebo berkasiat membantu penyembuhan penyakit stroke, rematik, maag, berbagai bentuk masalah penyakit kutlit dan juga membantu proses peredaran darah di dalam tubuh agar lancar.

Sebgai obat, karet kebo mempunyai rasa yang pedas dan bersifat netral, di dalamnya terkandung zat-zat bermanfaat bagi tubuh seperti saponin, flavonoid dan polifenol.

1.Mengatasi penyakit Stroke
Karet kebo sangat berkasiat bagi kesehatan tubuh dengan dikonsumsi secara rutin. Bahakan diyakini bisa membantu menyembuhkan penyakit stroke. Karena itu kami tampilkan dalam lomba olah produk dinas Pertanian ini. Ujar Suliatini yang merupakan orang yang dipilih sebagai duta lomba dari Pagak ini.
Cara mengkonsumsi daun karet kebo bisa bermacam-macam;
- dicuci bersih langsun makan
- direbus & diminum airnya
- di cincang/di iris, kemudian di jemur, sesudahnya baru di rebus & minum airnya.

Selain daunnya, akar karet kebo juga berkasiat untuk mengobati bisul, maag, rematik sendi dan amenorrhoea sekunder.
Cara mengolah akarnya  adalah pertama-tama dicuci bersih, kemudian akar tersebut di giling/diblender hingga halus.Barulah membubuhkan ramuan tersebut pada  bagian tubuh yang sakit.
Untuk pemanfaatan batangnya, dimana batang karet kebo bisa dijadikan sebagai obat juga.
Caranya disadap hingga keluar getahnya, kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.

2. Mengobati penyakit Maag.
Di dalam daun karet kebo terkandung senyawa alami yang bermanfaat bagi tubuh. Khasiatnya untuk menurunkan asam lambung yang sebelumnya naik. Dengan begitu penyakit maag menjadi bisa teratasi dna tubuh bisa kembali beraktifitas seperti biasa dengan lancar.

3.Obat Bisul
Khasiat daun karet kebo ini bisa sebagai obat lua, yaitu untuk menyembuhkan bisul. Kandungan di dalam daun ini bekerja untuk membantu kulit agar bisul yang muncul bisa sembuh dengan lebih cepat. Pada karet kebo terdapat getah berupa senyawa karet (lateks).
Didalam akar & kulit kayu terdapat zat saponin, flavonoid dan polifenol. Adapun pada daun karet kebo terkandung zat saponin, polifenol dan tanin. Adapun efek farmakologis yang dimilikinya yaitu bisa berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah, serta membantu untuk menghilangkan sakit atau anlgentik.

4. Membantu melancarkan Haid.
Manfaat kandungan di dalam daun karet kebo ini juga ada yang khusus bagi kaum wanita, dimana mafaatnya mampu membantu para wanita untuk melancarkan haidnya.
Tentunya dengan kondisi haid yang lancar sangat penting agar kualitas kesehatan secara umum meningkat, sehingga mencegah timbulnya penyakit.

5. Anti Inflamasi /anti peradangan
Daun karet kebo bermanfaat bagi mereka yang sering mengalami masalah pembengkakan di bagian tubuh tertentu. Caranya mudah, hanya dengan mengoleskan bubuk daun karet kebo yang telah dihancurkan pada bagian tubuh yang mengalami sakit.

6.Menyehatkan Lambung
Daun karet kebo diyakini untuk menyehatkan lambung. Dimana kandungan di dalamnya bekerja untuk menjaga organ lambung tetap sehat dan berfungsi dengan baik dalam menyerap sari makanan yang dikonsumsi tubuh.
Daun karet kebo dipercaya masyarakat dapat menjaga kesehatan lambung dan usus. Sehingga pemanfaatannya bisa sebagai ramuan alami yang menjadikan proses pencernaan menjadi lancar dan bekerja optimal.

7. Mencegah Gatal pada kulit
Umumnya terjadinya rasa gatal pada kulit, bisa menyebabkan kulit menjadi cenderung memerah bahkan bisa meradang. Mengatasi hal ini bisa dengan memanfaatkan daun karet kebo. Demikian juga masalah seperti bisul dan beragam penyakit kulit lain yang menyebabkan timbulnya gatal dapat dibantu untuk disembuhkan dengan memanfaatkan daun ini. Juga bisa membantu mengempeskan bisul serta warna kemerahan nantiinya bisa memudar.

8.Menghilangkan rasa Nyeri.
Daun karet kebo di dalamnya terdapat sifat zat analgetik, hal ini membuat daun karet kebo sering dijadikan bahan ramuan alami oleh masyarakat guna membantu meringankan atau menghilangkan rasa nyeri yang terjadi karena luka taupun peradangan.
Mengatasi masalah nyeri pada gigi, maka caranya yaitu dengan menjadikan air rebusan karet kebo sebagai obat kumur.
Daun karet kebon juga membantu menghilangkan rasa nyeri rematik dan nyeri saat haid.

9.Mencegah Hipertensi.
Tekanan darah tinggi biasanya memberikan gejala berupa munculnya rasa pusing, yang timbulnya bisa secara mendadak, bahkan terkadang bisa menyebabkan terjadinya pingsan.
Masalah hipertensi bisa diminimalkan dengan memanfaatkan daun karet kebo ini.

10. Melancarkan aliran darah.
Khasiat daun ini juga membantu kelancaran aliran darah di dalam tubuh, selain itu juga manfaatnya mampu mencegah terjadinya penyumbatan darah.
Khasiatnya juga penting dimana mencegah terjadinya penumpukan plak (lemak dan kolesterol) di dalam pembuluh, hal ini berguna agar aliran darah bisa lancar.

11. Mengatasi Keputihan
Anda perlu mengatasi masalah keputihan tidak normal, salah satu caranya bisa dengan memanfaatkan bahan alami daun karet kebo, yang khasiatnya dipercaya mampu mengurani keputihan yang berlebihan. yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan daerah kewanitaan.

12. Untuk Kesehatan Lingkungan.
Manfaatnya ternyata dapat memperbaiki kualitas udara menjadi lebih baik, disamping sebagai tanaman hias.Daun karet kebo menyerap karbondioksida dan mengubahnya menjadi oksigen yang menyehatkan untuk bernapas. Selain itu juga menghilangkan bakteri dan spora jamur di udara. Bahkan mampu mengurangi jamur dan bakteri yang ada di ruangan sebanyak 50 atau 60 persen.
Hanya saja tanaman karet kebo ini tidak bersahabat bagi kucing dan anjing, sehingga anda perlu menghindarinya supaya tidak dekat-dekat dengan tanaman ini.

13. Meningkatkan Kualitas Udara sehingga tubuh menjadi sehat.
Dengan memiliki tanaman karet kebo maka membantu anda untuk bernafas lebih mudah dan lebih baik kualitas udaranya.
Polutan berbahaya seperti formaldehida, aseton dan benzena bisa muncul dari adanya barang-barang di dalam rumah seperti karpet, asap rokok, cat, dll
Daun karet kebo mampu menghilangkan racun di udara, yang mampu membersihkan hingga 87 persen senyawa organik volatil (voc) di udara. Tanaman ini menjadi penghilang toksin paling efektif.

14.Meringankan gejala Alergi dan Asma
Manfaat lainnya dari menaruh tanaman ini di rumah, yaitu membantu untuk mengatasi gejala asma dan alergi akibat kualitas udara yang buruk. Pada sebuah studi yang dilakukan university of agriculture di Norwegia, menemukan bahwa tanaman hias karet kebo dapat membantu meringankan gejala alergi.
Tanaman ini berfungsi untuk meningkatkan tingkat kelembaban dan mengurangi debu di rumah anda. Studi juga menunjukkan bagaimana dengan adanya tanaman indoor bermanfaat untuk mengurangi batuk, sakit tenggorokan, asma dan gejala dingin lainnya hingga 30 persen.
Tanaman ini mampu melepaskan sekitar 97 persen air yang mereka serap, yang dapat meningkatkan tingkat kelembaban ruangan, sehingga dapat membantu untuk mencegah penyakit pernafasan.
Dengan memiliki tanaman yang menyehatkan udara di rumah bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif, konsentrasi dan daya ingat, mental dan menghindari stres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar