JAMBLANG=DUWET=SYZYGIUM CUMINI

jamblang=Duwet= syzygium cumini adalah nama ilmiah nya.
Pohon tropis yang tumbuhnya lambat ini merupakan tanaman asli Indian Subbenua.

Beberapa orang masih agak bingung karena mirip blackbery atau anggur hitam
Buahnya berubah warna dari hijau ketika muda lalu menjadi hitam keunguan ketika matang.

Buah kecil ini memiliki gizi yang tinggi karena mengandung banyak protein, serat, dan juga mengandung fenol, tritepenoid, minyak asensial, minyak atsiri, jambosin, asam organik, asam oleanolic, tanin, antosianin, asam ellagik, dan flavonoid.

Selain itu mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, natrium, dan fosfor. Juga sangat kaya akan vitamin C dengan jumlah riboflavin, niacin, tiamin, dan vitamin B6 yang signifikan.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari buah jamblang atau duwet :
  • Pembersih Darah Alami. kandungan zat besi dalam buah jamblang memastikan bahwa darah beroksigen dengan jumlah hemoglobin yang baik dapat mencapai seluruh bagian tubuh. Kulit yang bersih adalah tanda darah murni. Menerapkan pasta bubuk biji jamblang bisa mengurangi jerawat.
  • Cocok untuk Anemia, karena bantu bentuk sel darah merah,
  • Membantu Pencernaan & mengatasi Sembelit. Jamblang bertindak sebagai pendingin dan membantu menyembuhkan penyakit pencernaan seperti diare, gangguan pencernaan, disentri, dan dispepsia. Serbuk kulit kayu dan biji tanaman ini mengatur tubuh untuk buang air besar yang sehat dan menghilangkan limbah secara berkala.Jus buah ini menginduksi produksi air liur yang membantu memecah makanan lebih cepat sehingga pencernaan lebih mudah.
  • Menjaga kesehatan Tulang, Gigi & Gusi. Karena buah jamblang memiliki banyak vitamin C, maka baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Vitamin C membantu menyembuhkan luka seperti gusi berdarah. Sifat antibakteri dan jus ini membantu mengusir bakteri yang mungkin masuk melalui mulut, dan mencegah masalah bau mulut juga.
  • Baik untuk kesehatan Jantung & Limpa. Tripenoid hadir dalam buah jamblang yang berkhasiat menghentikan akumulasi atau produksi kolesterol dalam tubuh. Ini penting untuk orang yang sudah mengalami gangguan jantung. Jamblang juga mengandung kalium yang merupakan mineral yang diperlukan untuk kesehatan jantung, mencegah gangguan kardiovaskular, hipertensi dan stroke.
  • Menurunkan Kadar Gula dalam darah. Jamblang memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini berarti tidak mengacaukan gula darah kita dan mencegahnya tinggi. Jamblang juga memiliki asam oleanolic yang memiliki sifat anti-diabetes yang membantu mengurangi gejala diabetes, seperti buang air kecil dan rasa haus berlebih. Juga memperlambat akumulasi gula dan lipid dalam darah.
  • Baik untuk kesehatan Mata
  • Bisa mengatasi sakit Batuk
  • Mengatasi pusing dan sakit kepala
  • Meningkatkan napsu makan
  • Menangkal Radikal bebas dan cegah Kanker.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar