EKSIM ALERGI /DERMATITIS KONTAK ALERGI

Eksim alergi termasuk jenis dermatitis kontak yang cukup umum. Hal ini karena hampir setiap bahan yang menempel pada kulit bersifat iritan (mengiritasi kulit), tapi belum tentu menyebabkan alergi.
Eksim kulit (dermatitis) adalah suatu kondisi gangguan kesehatan kulit.
Gangguan kulit eksim memang tidak dapat menular, tetapi hingga kini penyebab umumnya dipicu oleh faktor genetik dan lingkungan. Penyebab eksim juga berkaitan dengan respon sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif terhadap iritan atau alergen. Respon inilah yang menyebabkan munculnya gejala eksim.
Eksim tidak bisa sembuh dikarenakan oleh penyebabnya yang memang diturunkan secara genetik dan faktor imun tubuh yang sensitif, maka yang harus anda lakukan adalah mencegah timbulnya gejala adalah dengan menghindari faktor pencetus.
Aktivitas sehari hari bisa jadi penyebab eksim.
Apa salep untuk eksim ? Kortikosteroid.
Beberapa jenis obat antiradang yang biasanya diberikan oleh dokter untuk meredakan keluhan eksim kering adalah hydrocortisone untuk gejala ringan, colestasone butyrate untuk gejala sedang, dan mometasone untuk gejala lebih parah. Saya kemarin sudah ganti salep ke dua dg.nama Diprogenta, tp.sampai saat ini belum tuntas sembuh juga.

Eksim kering adalah suatu kondisi yang membuat kulit anda terlihat kering, memerah, dan gatal. Sering muncul pada anak-anak, kondisi ini juga bisa muncul di segala usia. Berbeda dari penyakit kulit kebanyakan, eksim kering bersifat kambuhan. Dalam istilah kedokteran, eksim kering disebut sebagai dermatitis atopik.
Eksim atopik bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perlu melakukan pengobatan khusus. pada pengidap anak-anak, penyakit kulit ini biasanya akan menghilang ketika anak menginjak usia diatas 10 tahun.

Eksim atau dermatitis atopik merupakan gangguan pada kulit yang sebenarnya tidak berbahaya, tetapi sangat mengganggu aktivitas sehari-hari anda, berupa gatal dan kemerahan.
Eksim umumnya diderita oleh anak-anak, bahkan lebih rentan pada bayi karena bayi memiliki sistem kekebalan tubuh lebih sensitif dibandingkan usia lain. Tetapi orang dewasapun berpotensi mengalaminya. Penyakit eksim memang tidak menular, tapi dapat diturunkan dari gen.

Eksim kering adalah suatu kondisi yang membuat kulit anda terlihat kering, memerah, dan gatal. Sering muncul pada anak-anak, kondisi ini juga bisa muncul di segala usia. Berbeda dari penyakit kulit kebanyakan, eksim kering bersifat kambuhan. Dalam istilah kedokteran, eksim kering disebut sebagai dermatitis atopik.

Salah satu prinsip perawatan kulit yang penting untuk penderita eksim adalah rutinitas mandi. Meski demikian, mandi tidak boleh sembarangan mandi. Salah cara membersihkan tubuh dan menggunakan produk yang salah justru bisa semakin mengiritasi kulit dan memperparah eksim

Eksim alergi termasuk jenis dermatitis kontak yang cukup umum. Hal ini karena hampir setiap bahan yang menempel pada kulit bersifat iritan(mengiritasi kulit), tapi belum tentu menyebabkan alergi.

Makanan yang sebaiknya dihindari penderita eksim yg memicu alergi umum yang bisa meningkatkan gejala gatal kudis adalah :

  • Produk susu
  • Telur
  • Gluten atau gandum
  • Kedelai
  • Rempah-rempah seperti vanili, cengkeh, dan kayu manis
  • Tomat
  • Beberapa jenis kacang-kacangan
  • Makanan laut seperti kerang, udang, ikan dan lainnya
  • Makanan tinggi gula
  • Makanan berlemak
  • Lidah buaya
Merendam kaki di larutan air garam untuk meredakan eksim. Termasuk untuk kita yang mengalami pada kulit. Terapi ini juga dapat membantu proses penyembuhan. Hal ini bisa terjadi karena air hangat dapat meningkatkan respon sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kalo saya suka bikin rebusan 7 lbr.Daun Salam+ setengah biji bawang bombai sebagian saya minum & sebagiannya saya kasih garam dengan memoles berulang-ulang ke bagian eksimnya. Juga perlu diingat harus sering-sering berjerumur matahari pagi.
Gatal di eksim bisa diatasi dg.memoleskan : gluten gandum/oatmeal,  vinegar, rawon/kluwek, cellfood, kulit pisang, dll.io
Karena faktor U biasa nya kulit gampang kering & pecah2, maka pria yg tidak biasa dianjurkan mulai coba pakai cosmetik pelembab yg alami dg.antiaging. Bisa produk dari biokos atau oriflame. tergantung cocok2an. Di usia senja tetap harus melakukan aktifitas agar rasa gatal di badan dapat terlupakan, dg.begitu tidak garuk2 terus,apalagi kulit juga sudah semakin sensi.

Pada dasarnya eksim atopik bukan merupakan penyakit menular. Ternyata gangguan kesehatan ini merupakan penyakit keturunan. Jadi jika terdapat keluarga yang memiliki riwayat ini, maka pasti akan menurun pada sang buah hati.

Faktanya tidak ada perbedaan antara eksim kering dan basah dalam dunia medis. Hanya ada satu jenis eksim yang digunakan untuk mendeskripsikan kondisi kulit kering, memerah, gatal dan meradang.

Apakah eksim sama dengan jamur ?
Keduanya punya gejala mirip, sehingga masih banyak orang yang menganggap sama. Faktanya tidak. Eksim dan infeksi jamur kulit tidak sama.

Just Sharing:
Sudah periksa Gigi saya sudah bagus (karena sebelumnya gejala tumbuh kista sudah dicabut).
Periksa Diabetes dg.sytem bisa mendeteksi 3 bulan sebelumnya yaitu dengan HbA1c hasil nya 5,0 sementara rujukan <5,7. jadi kriterianya saya masih tergolong Baik.
Periksa Alergy Euroline Atopy yg termasuk mahal dg.54 ragam jenis alergy. Concentration antigen saya di Shellfish mix 1(fs.10) 3,5ku/i dg.class 3. berarti saya alergy sejenis makanan kerang-kerangan. Padahal selama ini hampir setahun/2tahun tidak pernah konsumsi kerang. Kata dokter kulitnya dari makanan lidah buaya yang sering saya makan mentah bisa juga.
Gejala bisa gatal hilang timbul di punggung kaki & punggung tangan.  Telapak tangan & kaki kalo luka sedikit bisa menjurus ke penebalan & pecah-pecah.


1 komentar:

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus