UBIJALAR

Ubi Jalar banyak variannya diantara nya ubi putih/kuning, ubi merah, & ubi ungu. Sementara diantara ketiganya itu ubi jalar ungu memiliki gizi lebih tinggi, terutama kandungan vitamin A nya yg dominan mencapai 7700mg per 100 gramnya, sementara ubi putih vit.A nya hanya 60 & ubi merah 900mg.

Kandungan gizi pada ubi jalar adalah kalori, protein, lemak, karbonhidrat, kalsium ( ubi merah lebih banyak), fosfor, zat besi, natrium, kalium (yang ada cuma di ubi merah 393mg), niacin, vit.A, vit.B1, vit.B2, vit.C, dan air.

Ubi jalar tidak mengandung lemak jenuh atau kelesterol, tetapi merupakan sumber yang kaya serat, anti oksidan, vitamin dan mineral.

  • Ubi jalar sebagai Sumber Energi. Zat besi yang terdapat pada ubi jalar memberikan tambahan energi dalam tubuh kita. Berperan meningkatkan distribusi Oksigen keseluruh tubuh kita.
  • Ubi jalar untuk Kekebalan Tubuh. Ubi jalar ungu banyak mengandung nutrisi yang melimpah seperti vit.A,C,E, B komplek, besi dan fosfor. Hal ini membuat ubi jalar menjadi Imun Booster.
  • Ubi jalar baik untuk Kesehatan Mata. Memperbaiki kekurangan vitamin A dengan makanan tinggi beta karoten akan mengembalikan kemampuan penglihatan. Kandungan beta karoten pada ubi merah/jinggga/ ungu. Semakin pekat warna ubinya, semakin tinggi kandungan beta karotennya.
  • Ubi jalar mampu menstabilkan Kadar Gula dalam Darah. Kandungan kalori terutama berasal dari kanji, karbonhidrat komplek hanya meningkatkan kadar gula darah secara perlahan-lahan.  Selain itu ubi jalar ungu dianggap mengandung Indeks Glikemik yang rendah, karena itu direkomendasikan sebagai suplemen makanan sehat untuk penderita diabetes. Penelitian terbaru menunjukkan ubi jalar ungu dapat mengurangi kadar gula darah dan resistensi pada penderita diabetes. Serat yang terkandung dalam ubi jalar juga berpengaruh besar kepada penderita diabetes. Kandungan serat itulah yang menstabilkan gula darah, lipid dan kadar insulin.
  • Ubi jalar baik untuk Pencernaan. Ubi jalar mengandung serat yang cukup tinggi. Meski kandungan serat pada ubi jalar relatif tinggi, tekstur ubi jalar termasuk dalam makanan yang mudah dicerna. Jadi baik untuk perut dan usus, juga mencegah terjadinya sembelit dan membangun asam. Anti inflamasi dan kandungan zat penenang dalam ubi jalar dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan di lambung.
  • Ubi jalar baik untuk kesehatan Tulang. Ubi jalar memiliki kandungan mineral, salah satu yang dapat membantu melawan berbagai penyakit tulang dan sendi. Ubi jalar mengandung zat mangan yang menyumbangkan hingga 44 persen dari AKG kamu. Jadi jika anda ingin mencegah osteoporis, makan ubi jalar adalah bahan makanan yang tepat untuk kamu konsumsi.
  • Ubi jalar untuk menjaga kesehatan Gusi dan Gigi. Kandungan vit.C nya mampu memenuhi 70 persen dari AKG atau asupan nutrisi kamu setiap hari. Vit.C yang ditemukan di dalam ubi jalar dapat berperan sebagai pencegah pendarahan gusi gigi yang longgar.
  • Ubi jalar untuk menjaga Keseimbangan Air dalam Tubuh. Kandungan serat yang baik pada ubi jalar membantu mestabilkan kebutuhan air dalam tubuh.
  • Ubi jalar sebagai sumber Karbonhidrat Diabetesi.  Ubi jalar sejauh ini masih dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena kandungan karbonhidrat di dalamnya cukup efektif dalam mengatur kadar gula darah dengan membantu ekresi dan fungsi insulin. Tapi tidak berarti diabetesi boleh makan ubi jalar semau nya tanpa aturan, asupannya tetap harus seimbang.
  • Ubi jalar baik untuk mengatur Tekanan Darah. Kandungan kalium yang terdapat dalam ubi jalar mampu memenuhi AKG(Angka Kebutuhan Gizi) untuk potassum sampai 22 persen. Manfaat dari tercukupinya kalium tersebut sangat cocok untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  • Ubi jalar untuk mengatur kadar Kolesterol. Serat yang terdapat pada ubi jalar dapat memenuhi AKG tubuh hingga 33 persen. Serat ubi jalar adalah jenis karbonhidrat yang sudah terbukti menurunkan kolesterol dalam darah.  Jadi buat yang mempunyai problem kelebihan kolesterol dapat mengkonsumbi ubi jalar ungu sebagai terapi.
  • Ubi jalar menjaga Kesehatan Jantung. Kandungan vit.B6 ubi jalar dapat memenuhi kebutuhan AKG hingga 27 persen. Vitamin B6 berperan mencegah penumpukan homosistein didalam darah. Jika tingkat homosistein dalam darah tinggi, hal tersebut dapat memicu peningkatan resiko penyakit jantung dan stroke.
  • Ubi jalar Mengurangi Stres. Kandungan vit. B dalam bentuk asam pantotenat yang terdapat pada ubi jalar bisa membantu memproduksi hormon stres sehingga tubuh tidak kekurangan hormon yang digunakan ketika tubuh sedang stres.
  • Ubi jalar menjaga Kulit tetap awet muda. Menjaga kulit tetap sehat dan tampak kencang, karena ubi jalar mengandung vit.E yang mampu bertindak sebagai penutrisi kulit hingga mencegah penuaan atau oksidasi pada kulit.
  • Ubi jalar untuk mengatasi Kecanduaan. Beberapa informasi menyebutkan bahwa ubi jalar mampu mengurangi ketergantungan terhadap rokok, minuman beralkohol, kopi dan hal-hal lain yang bersifat candu. Bagi seorang perokok yang ingin stop merokok, ubi jalar adalah makanan yang wajib dikonsumsi secara rutin.
  • Ubi jalar baik untuk mencegah Peradangan. Ubi jalar memiliki efek anti inflamasi atau anti peradangan. Didukung dengan kandungan vit.C, magnesium, dan beta karoten, ubi jalar efektif dalam menyembuhkan peradangan internal dan eksternal.
  • Ubi jalar baik untuk memulihkan Bronkitis dan Asma. Kandungan vit.C, zat besi dan nutrisi lainnya yang terdapat dalam ubi jalar cukup efektif membantu mengatasi bronkitis. Mengkonsumsi ubi jalar bisa menjadikan tubuh lebih hangat serta aroma khas ubi jalar efektif untuk mengatasi tersumbat dan membantu meringankan asma.
  • Ubi jalar untuk meredakan sakit Arthritis. Penyakit radang sendi atau arthritis, bisa diatasi dengan cara mengkompresnya dengan air bekas rebusan ubi jalar yang masih hangat, sementara ubi tetap bisa kita konsumsi.
  • Ubi jalar ungu baik untuk membantu mengatasi Kanker. Beta karoten merupakan antioksidan yang memberi warna ungu pada ubi jalar, serta vit.C menjadi komponen penting untuk mengatasi gangguan kanker, terutama untuk kanker usus, usus besar, ginjal, prostat, dan kanker lainnya.
  • Ubi jalar makanan yang sehat untuk program Diet. Kandungan serat yang baik serta karbonhidrat ditambah nutrisi-nutrisi lainnya, ubi jalar dapat menjadi sumber energi dan menjadikan tubuhmu cukup energi. Gizi yang terkandung di dalamnya juga menjadikan kenyang yang kamu rasakan bisa lebih awet.
Catatan

Ubi jalar mengandung asam oksalat, zat alami yang juga biasa ditemukan pada beberapa jenis sayuran yang dapat mengkristal menjadi batu oksalat dalam saluran kemih. Oleh karenanya seseorang dengan riwayat kencing batu saluran kemih harus menghindari makan ubi jalar.  Asupan iar yang cukup disarankan untuk mempertahankan urine tetap normal dan meminimalkan resiko kencing batu.

Warna kulit ubi jalar bervariasi seperti ungu, kuning atau coklat, merah yang semuanya kaya manfaat yang melimpah. Dalam mengkonsumsinya pastikan untuk tidak mengupasnya. Kulit ubi jalar yang manis memberikan tambahan nutrisi terhadap sebagian besar serat, kalium dan quercetin.


 

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^ (f)
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.biz ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^ x-)

    BalasHapus